Sabtu 18 May 2013 09:58 WIB

Sering Sekali Sakit Pundak, Mengapa Ya?

Sakit pinggang. Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Sakit pinggang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering kali sakit pada pundak, bahkan rasa nyerinya bisa menjalar ke bawah, kemudian ke pinggang. Apa ini suatu problem saraf ya dok? 

 

Andien (36 tahun)

Cibubur

 

Jawaban:

Salam untuk Ibu Andien, perlu dipahami bahwa nyeri pundak biasanya berawal dari nyeri tengkuk, dimana hal ini merupakan problem yang sering muncul, dengan diperkirakan 10 persen dari total populasi mengalami keluhan ini.

Nyeri pada bagian pundak dapat disebabkan oleh karena adanya penjepitan/kompresi pada saraf. Kondisi atas rasa nyeri ini, ditandai dengan adanya nyeri pada bagian tengkuk kemudian menjalar kepundak dan lengan, sesuai dengan saraf yang terkena.

Rasa nyeri ini dikenal dengan istilah nyeri radikuler (rasa nyeri berpangkal pada tempat perangsangan dan menjalar kedaerah persarafan yang terkena).

Pada situasi tersebut, maka penjepitan pada saraf bisa disebabkan oleh:

Peradangan dari sarafnya sendiri yang dikenal dgn istilah radikulitis.

Whiplash Trauma: cidera oleh karena anggukan kepala intensif, didahului tengadahan kepala.

Perkapuran.

Penipisan dari diskus.

 

Berkenaan dengan terapi yang diperlukan, maka dibutuhkan pemeriksaan atas kondisi yang terjadi, sehingga dapat ditentukan diagnosis penyebab dan dapat ditentukan mekanisme pengobatan serta terapu yang dapat dilakukan.

Untuk itu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda, serta dilakukan pemeriksaan penunjang bisa berupa X-foto leher tiga posisi, MRI, EMG yang dilakukan atas indikasi. Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat menjelaskan. (Ss)

 

dr Saunderajen, SpS, Msi, Med

Spesialis Saraf di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement