Kamis 16 May 2013 12:12 WIB

Batuk Mengeluarkan Bercak Darah

Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis
Foto: .
Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, beberapa waktu terakhir ini saya sering berdahak dan keluar bercak darah. Saya bukan seorang perokok tetapi tinggal di lingkungan perokok aktif baik di rumah maupun kantor. Apa mungkin ini TBC ya dok? Tapi tidak ada riwayat di keluarga saya menderita TBC. Bagaimana ya dok? 

 

Fathi (29 tahun)

 

Jawaban:

Untuk mas Fathir yang sedang bingung, terima kasih banyak atas pertanyaan nya. Atas keluhan yang dirasakan merupakan indikasi atas gejala penyakit di saluran pernapasan, namun batuk dengan bercak darah belum tentu karena penyakit TB.

Dalam hal ini, masih banyak penyakit saluran napas yang menyebabkan batuk darah seperti Bronkiektasis, Jamur paru, kanker paru dll. Penyakit TB bukan penyakit keturunan, namun penyakit TB merupakan penyakit menular.

Masalah merokok sebenarnya merupakan faktor yang memudahkan terjadinya penyakit dan memperberat penyakit yang ada. Tentu saja, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengindari paparan asap rokok dan tidak merokok.

Saran saya sebaiknya anda segera periksa ke dokter paru untuk memastikan penyakitnya, agar segera dapat diobati. Agar dapat dengan secepatnya dilakukan observasi terkait pemeriksaan laboratorium penunjang dan diagnosis mendalam.

Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga bisa dipahami dan bermanfaat. Salam sehat. (Zub)

 

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement