Jumat 10 May 2013 10:47 WIB

Jika Terjadi Bencana, Bagaimana Antisipasi Keuangan? (2)

Tsunami Aceh
Tsunami Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamu’alaikum Wr Wb 

Pak Hari ‘Soul’ Putra yang terhormat, masih terbayang diingatan kami, bagaimana bumi Aceh diporak-porandakan oleh tsunami.  Semua harta kami ludes, tidak bersisa. Alhamdulillah, kami sekeluarga bisa selamat.  Dan hikmahnya, Aceh bisa berdamai dari peperangan.  Selain itu, penduduk Aceh yang mengungsi ke Jawa, Sumatera, Sulawesi, sampai Kalimantan bisa kembali ke Aceh.  Hilang satu, tumbuh seribu.  Pertanyaan saya, bagaimana mengantisipasi kejadian di atas dan apa yang harus kami lakukan ketika terjadi kondisi darurat dimana sistem perbankan tidak bisa digunakan kembali dalam waktu singkat?

Jazakumullah Khairan Katsiran. 

 

Jawaban WF 19

Saya meyakini, ketika kondisi kesulitan dalam membelanjakan kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan pakaian terjadi dalam hitungan pekan dan bulan, maka coin is the king.  Insya Allah tidak akan ada yang menolak barang-barangnya dengan koin dinar emas dan dirham perak. Tinggal permasalahannya adalah kita harus menjaga mata uang rupiah kita dan 6 mata uang dunia lainnya dalam tempat penyimpanan yang aman. Khusus untuk mata uang rupiah dan koin dinar emas serta dirham perak adalah dengan membeli lemari besi tahan api.

Jika kita hanya menyimpannya di lemari pakaian kita saja, maka kemungkinan tercuri, kebakaran dan banjir bisa saja terjadi. Jika dananya belum cukup, bisa saja membeli dahulu lemari besi kecil seperti yang disediakan di hotel-hotel berbintang, dengan cara menanamkannya di lantai atau tembok atau paling tidak dibaut di dalam lemari pakaian.

Untuk kondisi yang super dahsyat seperti tsunami, maka ada 3 hal yang perlu kita lakukan :

1. Kejujuran

Saya selalu meyakini yang namanya hukum alam atau sunnatulah, selalu ada akibat pasti ada penyebabnya.  Jika harta kita sudah sampai nisabnya seperti memiliki 85 gr emas atau 20 koin dinar emas, maka zakatnya adalah 2,5% atau setara dengan 0,5 koin dinar emas atau 5 koin dirham perak.

Begitupun dengan harta kita berupa mata uang kertas atau turunannya (deposito, saham, cek dlsb) tinggal dikonversi dalam dinar atau dirham di atas dikalikan zakatnya 2,5 persen. Ketika kita jujur pada Allah SWT, Insya Allah harta yang dititipkan oleh Allah SWT untuk kita akan lebih berkah. Otomatis, ketika Allah SWT minta harta kita dengan berbagai cara seperti bangkrut, bencana dll tidak membuat kita menyesal.

2. Networking

Pentingya kita silaturrahim adalah selain menjalin pertemanan dan persaudaraan adalah bisa bantu dan tolong menolong ketika senang maupun susah.

Ketika kita lagi diberi kenikmatan atau kesenangan kita bersyukur dengan memberi sesuatu kepada tetangga dan saudara-saudara kita.   ketika kita lagi diberi cobaan atau bencana, maka selain kita dituntut untuk bersabar, itulah saatnya kita di beri oleh orang lain yang notabene adalah sahabat, tetangga dan handai tolan serta saudara kita yang masih dalam satu kawasan dengan kita.

Dan salah satu sedekah yang paling murah adalah senyum dan menghibur orang lain. Saya teringat di beberapa desa-desa di Jawa, ketika mereka lagi panen padi (mendapat kenikmatan), mereka mengajak para tetangga desanya untuk sama-sama memanen. Dan upahnya, serta mata uang yang digunakan oleh pemilik sawah adalah padi juga.  Artinya, tenaga dan keringat dari yang membantu bisa dibayar dengan padi. Selagi masing-masing ridho.

3. Diversifikasi aset

Dalam Qs Al Jumu’ah ayat 10 dinyatakan “Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah SWT dan ingatlah Allah SWT banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Artinya kita tidak hanya disuruh jago kandang saja, tetapi juga bertebaran dimuka bumi dengan berdagang dan bepergian komersial ke seluruh dunia dalam kelompok-kelompok kafilah dan karavan dagang modern saat ini. Ketika 1 hancur, masih ada 1000 lagi yang akan tumbuh.

Di sinilah hadits popular tentang pentingnya berdagang, “10 dari pintu rezeki adalah berdagang.”  Yang menjadi salah satu makna buku saya WealthFlow 19-1 sebagai karyawan dan 9 lainnya dari jalur perdagangan dunia.

Wallahualam bisshowab.

 

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement