Senin 15 Apr 2013 14:12 WIB

Bagian Tengkuk Terasa Berat, Mengapa Ya?

Duduk depan komputer
Duduk depan komputer

REPUBLIKA.CO.ID, Selamat sore dok, saya seorang mahasiswa, 19 tahun, yang ingin saya tanyakan adalah mengapa akhir-akhir ini saya sering sekali terasa berat di bagian tengkuk? Terus sering ada rasa pusing? Apakah ini berbahaya dok? Terima kasih. 

 

Anas

Jakarta

 

Jawaban:

Salam untuk Mas Anas, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Agaknya perlu beberapa keterangan terkait seperti apakah rasa sakitnya temporer atau berlangsung dalam durasi yang lama. Selain itu, adakah riwayat cedera bahu/ kepala dll, karena menjadi bagian dari upaya diagnosis.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan, maka kemungkinan untuk kondisi keluhan bagi kelompok seusia anda, maka sakit kepala dan terasa berat ditengkuk dapat disebabkan karena: kondisi kurang istirahat sehingga mengalami kekakuan otot di leher belakang dan pusing.

Selain itu dapat pula ditimbulkan gejala seperti yang dikeluhkan karena terlalu lama berinteraksi di depan Screen PC atau perangkat elektronik lain yang menyebabkan Mas Anas berada dalam satu posisi tertentu dan terpaku selama beberapa waktu yang lama.

Dapat pula disebabkan karena seperti terlambat makan, dll. Coba lakukan evaluasi terhadap aktifitas runtin yang biasa dijalankan. Bila memang interaksi dengan Gadget maupun PC dalam durasi yang lama, maka bisa jadi paparan serta pendar cahaya konputer menyebabkan pusing dan kelelahan otot tengkuk.

Demikian yang dapat disampaikan, bila kemudian kondisi tersebut tidak mengalami perbaikan, maka sebaikanya melakukan pemeriksaa ke dokter terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan tindakan terapi yang sesuai. Salam. (US)

dr Untung Sudomo, SpPD, KGEH, FINASIM, MARS

Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement