Jumat 12 Apr 2013 13:03 WIB

Karang Gigi Tumbuh Melulu

Dokter Gigi (ilustrasi)
Dokter Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, bagaimana sarannya agar karang gigi bisa hilang, karena saya pernah dibersihkan kemudian tumbuh lagi karang giginya tidak sampai 6 bulan. Saya memang sering lupa gosok gigi sebelum tidur.

 

Doni (23 tahun)

Jakarta

 

Jawaban:

Untuk Mas Doni di Jakarta salam sehat. Karang gigi itu disebabkan penumpukan sisa sisa makanan yang kita makan tidak segera kita bersihkan yang nantinya menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan menimbulkan bau mulut yang tidak enak.

Oleh karena itu perlunya berkunjung ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut termasuk ada tidaknya karang gigi. Setelah dilakukan pembersihan karang gigi yang disebut scalling tentunya kita wajib menjaga kesehatan mulut kita.

Berikut adalah cara agar gigi tetap terjaga kebersihannya:

1. Menyikat gigi minimal 2x sehari setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

2. Membersihkan sela sela gigi dengan dental floss (benang)

3. Kumur dengan obat kumur

4. Berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Tentunya jika Mas Doni di Jakarta suka lupa gosok gigi akan gampang sekali timbulnya karang gigi. Oleh karena itu disarankan untuk mengubah kebiasaan menjaga kesehatan mulutnya seperti 4 point yang saya sarankan.

Jika memang masih terus mudah timbul karang gigi mungkin teknik menyikat giginya ada yang salah. Jika masih terjadi juga ada kemungkinan permukaan gigi-giginya ada yang kasar sehingga mempermudah sisa makanan menempel dan nanti terjadi karang gigi.

Bisa juga disebabkan susunan gigi yang berjejal atau inklinasi giginya tidak baik sehingga mempersulit Doni untuk membersihkan daerah tesebut. Untuk melihat penyebabnya lebih detail memang harus berkonsultasi dengan dokter gigi. Semoga bermanfaat. Salam (Sam)

 

drg Samdharu PM Phil, Sp.Prost

Spesialis Gigi dan Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement