Rabu 10 Apr 2013 12:08 WIB

Sakit Mata karena Terlalu Lama di Depan Komputer

komputer
Foto: realitypod.com
komputer

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sepanjang hari berhadapan degan komputer. Dulu waktu mahasiswa saya penikmat game online. Sekarang saya bekerja di bagian administrasi yang juga selalu menggunakan komputer. Kenapa ya Dok saya tidak kuat lagi lama-lama menatap latar komputer? Apakah itu indikasi penyakit dan apakah ada tips agar mata tidak sakit ya dok? Terima kasih. Salam.

 

Ridwan (36 tahun)

Bekasi

 

Jawaban:

Salam untuk Pak Ridwan, semoga bertambah sukses selalu dalam pekerjaan yang ditekuni ya. Berkenaan dengan kondisi mata dan interaksi pada layar monitor komputer, maka dapat dijelaskan bahwa pengunaan komputer untuk waktu yg lama dapat menimbulkan sekumpulan gejala yg disebut computer vision syndrome (CVS).

Hal tersebut dapat diasosiasikan dengan tingkat ketidaknyamanan semakin meningkat sesuai dengan lamanya penggunaan komputer. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah kelelahan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, nyeri leher dan bahu.

Gejala yang timbul tersebut, dapat disebabkan oleh pencahayaan yang kurang, paparan sinar dari silau cahaya layar komputer, jarak layar yang tidak sesuai, posisi duduk yang tidak benar hingga dapau dikarenakan oleh kelainan kacamata yang tidak terkoreksi.

Beberapa faktor penting untuk mencegah dan mengurangi gejala CVS antara lain :

*Sebaiknya letakan layar computer 15-20 derajat dibawah mata

*Gunakan filter anti silau pada layar komputer

*Gunakan bangku yang nyaman untuk tubuh

*Istirahatkan mata sementara waktu setelah menatap layar komputer

*Arahkan padangan ke arah lain selama 20 detik, setiap 20 menit bekerja dengan komputer

Faktor kelelahan mata adalah hal yang mungkin terjadi dalam durasi kerja yang lama dan paparan cahaya screen komputer terus menerus, oleh karena itu, jaga dengan baik indera penglihatan kita. Bila tidak kunjung pulih kondisi tersebut dengan perubahan perilaku kerja seperti diatas, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis Mata untuk diagnosa dan penanganan yang sesuai, Terima kasih. (NW)

dr Nurwany, SpM

Spesialis Mata di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement