Selasa 09 Apr 2013 12:13 WIB

Anak Telat Bicara, Mengapa Ya?

Ibu bicara pada balita/ilustrasi
Foto: allparenting.com
Ibu bicara pada balita/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya 2 tahun 7 bulan. Baru bisa mengucapkan kata ayah, mama, dan daadaa. Namun sudah mengerti saat dberi kata perintah dan 80 persen dapat dia kerjakan seperti membuang sampah di tempat sampah. Kenapa dengan anak saya ya Dok? Apa yang harus dilakukan agar dapat berbicara? 

 

Dewi (22 tahun) 

Makassar

 

Jawaban:

Salam untuk Ibu Dewi dan sang buah hati, semoga selalu dalam balutan kasih sayang yang terbaik ya. Nah, terkait dengan apa yang ditanyakan, maka secara garis besar gangguan bicara dibagi menjadi keterlambatan bicara reseptif dan ekspresif.

Seorang anak dikatakan mengalami gangguan bicara reseptif apabila dia tidak dapat mengerti pembicaraan orang lain.  Hal ini dapat disebabkan oleh bermacam hal, termasuk adanya kelainan pada struktur telinga yang tentunya juga akan mengganggu bahasa ekspresifnya. Gangguan bahasa ekspresif bila anak mengerti apa yang dibicarakan atau diperintahkan tetapi tidak dapat mengucapkannya dalam kata-kata.

Anak ibu sepertinya mengalami gangguan bahasa ekspresif, karena dia dapat mengerti perintah tetapi belum dapat bicara dengan lancar. Untuk itu, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab gangguan bicara tersebut dan dilakukan terapi wicara. (RS)

 

dr Retno Saraswati, SpA

Spesialis Anak di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement