Sabtu 06 Apr 2013 09:09 WIB

Ibu Hamil Muntah Terus

Ibu hamil/ilustrasi
Foto: occupycorporatism.com
Ibu hamil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mau tanya istri saya hamil dan dia maunya muntah terus. Bagaimana mengatasi hal tersebut? Terima kasih atas sarannya ya Dok. Salam. 

 

Dady (27 tahun)

Jakarta.

Jawaban:

Hi Pak Dady yang baik, sebelumnya saya jelaskan bahwa kondisi mual dan muntah pada ibu hamil bukanlah kemauan sang ibu. Ini bukan maunya melainkan kondisi yang tercipta seiring dengan perubahan hormonal dalam perkembangan usia kandungan serta kehamilan.

Kehamilan memang dapat meningkatkan sensitivitas penciuman, seperti aroma makanan dapat memicu mual serta muntah. Bila ibu mengalami hal ini, sebaiknya hindari aroma yang menyengat. Hindari juga rasa lapar. Lambung yang kosong juga memicu asam lambung sehingga memicu mual-muntah.

Mual muntah sering mengakibatkan ibu malas makan sehingga menyebabkan gula darah ibu menurun. Hal ini menyebabkan rasa ngantuk dan cepat lelah. Karena itu, cara mengatasinya: Hindari perut kosong, makan yang terutama karbohidrat kompleks (biskuit, snack, kacang, bubur kacang hijau dll).

Hindari yang berminyak (gorengan), yang pedas dan berbau menyengat (misalnya durian, nangka dll) selalu diet cukup protein. Serta berkonsultasi berkala selama kehamilan pada Spesialis Kebidanan & Kandungan untuk melakukan pemantauan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Semoga sang istri sehat selalu dalam masa kehamilan dan persalinan nanti ya pak, Salam. (SC)

 

dr S Chandra, SpOG

Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement