Jumat 05 Apr 2013 12:08 WIB

Kaki Bekas Keseleo Sering Sakit

Keseleo/ilustrasi
Foto: webmd.com
Keseleo/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kaki saya pernah keseleo di kedua pergelangan kakinya. Tidak pernah diurut sih tetapi sembuh dengan sendirinya. Nah pertanyaannya, bekas keseleo tersebut sekarang sering terasa sakit dan pegal, bagaimana ya dok? Terima kasih.

 

Nadia (22 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Nadia semoga sehat selalu. Perlu memang dilakukan pemeriksaan fisik atas pergelangan kakinya. Namun pada cedera ankle yang berat sering menyebabkan patah tulang mata kaki sisi dalam atau patah tulang mata kaki sisi luar atau kedua-duanya. Hal ini menyebabkan juga sendi ankle bergeser (subluksasi) atau bahkan lepas (luksasi).

Suatu keadaan patah tulang, maka penatalaksanaan jelas: sejak diagnosa, pengobatan (operasi) dan hasil operasi, dimana dapat dinilai secara terukur, karena ketiga tahapan tersebut dapat dilihat melalui Foto X-Ray.

Sebaliknya suatu cedera ankle yang tidak menyebabkan patah tulang, maka yang jadi “korban” adalah jaringan non tulang, terutama urat sendi (ligament) dan atau disertai capsul sendinya, atau bisa juga cedera tulang rawan yang tidak kelihatan pada Foto X-Ray biasa.

Tingkat cedera rendah berupa robekan jaringan tersebut meskipun tidak dijahit (karena tidak dibuka), akan mencapai penyembuhan (penyambungan) kembali secara alamiah dalam periode waktu tertentu, asal diberi kesempatan istirahat fungsi. Waktu yang diperlukan untuk peroses penyembuhaan sekitar 3 sampai dengan 6 minggu, tergantung beratnya kerusakan.

Proses alamiah ini bisa tercapai, bila diistirahatkan dari fungsi sendi ankle yang berupa mengistirahatkan gerakan sendi dan tidak menumpu berat badan, serta ditinggikan untuk mengurangi atau menghilangkan bengkak. Pada fase akut sampai hari kelima: diistirahatkan; ditinggikan; didinginkan. Contohnya, pakai es dibungkus kering (bukan dipanaskan!).

Untuk penatalaksanaan kasus Anda selanjutnya, terlebih dahulu harus dievaluasi ulang kelainan yang ada sekarang (wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan-pemeriksaan penunjang). Dilanjutkan dengan program penatalaksanaan secara khusus. Karena kejadian sudah lama bisa berpotensi problema akut, sehingga sebaiknya berkonsultasi dengan Spesialis Orthopedi terdekat. Semoga dapat dipahami dan membantu menjelaskan apa yang disampaikan. Terima kasih. Salam.

 

dr. Muljana Hasan Sp OT

Spesialis Orthopedi di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement