Rabu 03 Apr 2013 15:08 WIB

Kejang-Kejang Bisa Berpotensi Epilepsi?

ilustrasi epilepsi
ilustrasi epilepsi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah mengalami kejang karena sakit beberapa tahun lalu. Katanya bisa berakibat potensi epilepsi ya dok? Apa yang sebaiknya saya lakukan sekarang? Terima kasih.

 

Robby (29 tahun)

Cimanggis

 

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan pak Robby. Kejang merupakan perubahan pada fungsi otak secara mendadak dan sementara sebagai akibat dari aktifitas neuronal yang tidak normal dan pelepasan listrik diotak yang berlebihan.

Aktivitasnya dapat bersifat umum, parsial, bisa juga berasal dari daerah tertentu di otak. Manifestasinya bermacam tergantung bagian otak yang terkena. Penyebab kejang juga bisa banyak macam, bisa karena faktor perinatal, faktor genetic, infeksi, demam, gangguan metabolisme, trauma, neoplasma (tumor), gangguan sirkulasi, dan penyakit degeneratif dari susunan saraf.

Anda menyatakan pernah kejang karena sakit beberapa tahun yang lalu, dalam hal ini agak sulit untuk menentukan penyebab kejangnya dan berpotensi terhadap kejang berulang atau tidak. Jika tidak tahu mengenai penyakit yang anda derita sebelumnya, maka saran saya sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter saraf/ neurologis terdekat. Sehingga dengan demikian, dapat dianamnesa dan pemeriksaan lebih lanjut. Salam. (SS)

dr S Saunderajen, SpS

Spesialis Saraf di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement