Selasa 02 Apr 2013 17:09 WIB

Jarang Minum Air Putih, Pinggang Pun Sakit

Sakit pinggang. Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Sakit pinggang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya bekerja dengan duduk di belakang meja sebagai orang keuangan. Saya memang jadi sulit untuk akses ke kamar kecil dan jarang juga minum air putih. Sekarang saya sering merasa sakit di bagian pinggang, kenapa ya Dok? Apa yang harus dilakukan? Terima kasih.

 

Andi (34 tahun)

Depok

 

Jawaban:

Hi Pak Andi, semoga sukses selalu dalam pekerjaan yang ditekuni ya pak. Nah, kondisi sakit pinggang pada orang yang bekerja dengan posisi duduk yang lama bisa saja merupakan kram otot yang diakibatkan oleh karena otot tidak berubah posisi dalam waktu yang lama.

Namun demikian bisa juga merupakan gejala adanya batu di saluran kemih. Adanya batu saluran kemih biasanya disertai gejala BAK (Buang Air Kecil) yang kemerahan karena bercampur darah, BAK anyang-anyangan atau bahkan nyeri pinggang hebat hingga keringat dingin, mual (biasa dikenal dengan kolik).

Mulai sekarang perhatikan pola urin dan saat berkemih, jika gejala tersebut ada, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan spesialis Urologi, kemudian cek lab darah dan urin, serta dilakukan USG sebagai pemeriksaan awal. Pemeriksaan diagnostik lain dan tindakan lanjutan, bergantung dari hasil observasi awal tersebut.

Tampaknya mulai sekarang Pak Andi perlu memperbaiki sikap duduknya di kantor. Sesekali berdiri setelah durasi tertentu, lakukan gerak pemanasan tubuh serta memilih kursi yang ergonomis agar tidak terjadi cidera tubuh ditambah dengan kebiasaan untuk konsumsi air putih yang cukup dan sesuai dengan menyediakan gelas minum di depan meja kerja.

Semoga sehat selalu ya pak, demikian terima kasih-salam. (NBU)

 

dr Nugroho Budi Utomo, SpU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement