Jumat 29 Mar 2013 09:07 WIB

Sakit Jantung Koroner, Apa yang Harus Diwaspadai?

Terkena serangan jantung (ilustrasi)
Foto: WHAT IS HEART ATTACK
Terkena serangan jantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, dari hasil observasi ayah saya didiagnosis jantung koroner. Dia sekarang berusia 54 tahun. Apa saja sih ya dok yang bisa dilakukan untuk ayah saya karena sekarang jadi sering sakit? Terima kasih.

 

Vera

 

Jawaban:

Salam untuk Vera yang sayang sekali dengan ayahandanya, semoga selalu dalam keberkahan yang terbaik ya. Bersangkutan dengan pertanyaan yang disampaikan, maka dengan diagnosis yang menyatakan problem jantung koroner maka yang perlu dilakukan adalah perubahan pola hidup sehat di antaranya adalah melakukan pengontrolan asupan makanan (diet) seperti reduksi makanan berlemak, konsumsi buah dan sayur, lakukan pengelolaan berat badan. Itu termasuk di antaranya adalah berhenti dari kebiasaan yang buruk seperti merokok maupun minum alkohol.

Plus tetap beraktivitas fisik maupun berolahraga meski dalam takaran yang sesuai. Saran yang terbaik adalah lakukan evaluasi kesehatan berkala dengan spesialis jantung, dimana perlu dilakukan Treadmill Test guna melihat sumbatan yang terjadi.

Bila hasil positif maka perlu pemeriksaan lanjutan dengan MSCT Coroner maupun Angiografi Coroner, dan kemudian jika diketahui terdapat sumbatan dengan melebihi 70 persen maka perlu dilakukan pelebaran saluran dengan pemasangan stent. Demikian yang dapat disampaikan, semoga sang ayah selalu dalam kesehatan terbaik. Salam sehat. (AZ)

 

dr Abdullah Zaini, SpJP

Spesialis Jantung di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement