Kamis 28 Mar 2013 10:59 WIB

Asma Semakin Sering Kambuh

Penderita asma, ilustrasi
Foto: uihealthcare.org
Penderita asma, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, apakah asma bisa sembuh total? Saya kan asma tiap kali kambuh tuh rasanya sesak banget dan tidak bisa tidur. Padahal saat kuliah pun belum tentu satu tahun sekali terkena serangan. Sekarang setelah menikah malah sering kambuh, itu karena faktor apa ya dok? Bagaimana pencegahan dan pengobatannya ya dok? Terima kasih.

 

Jozza (27 tahun)

Jakarta

 

 

Jawaban:

Salam untuk Jozza yang sedang resah. Perlu diketahui bahwa asma mempunyai derajat dari intermitten (yang paling ringan), lalu ringan, sedang dan berat. Pengobatannya juga harus sesuai dengan derajatnya dan bila pengobatannya kurang tepat, akan mudah timbul serangan jika ada pemicunya.

Setiap kali timbul serangan, maka fungsi paru akan menurun (makin jelek) dan derajat asmanya akan meningkat (misalnya dari derajat ringan menjadi sedang). Bila derajat asma makin tinggi, akan makin sering terasa kambuh (seperti yang dirasakan Jozzi saat ini) dan saat kambuh/sesak, tentu saja sulit untuk bisa tidur.

Jadi yang penting pada asma:

Kenali pemicu yang menimbulkan serangan/kambuh (emosikah, faktor alergenkah seperti debu, asap, cuaca dll atau infeksi seperti flu atau yg lainnya)

Jika terjadi serangan segera diobati

Pengobatan pada asma ada dua step yaitu pengobatan saat serangan dan pengobatan maintenance (saat tidak serangan)

Tentukan derajat asmanya sehingga pengobatannya tepat

Olahraga sebaiknya berenang atau senam. 

Untuk mencegah jangan sampai kambuh, tentu saja yang paling utama hindari pemicunya,

Pemakaian obat yang digunakan harus optimal sesuai derajat asmanya.

Untuk hal ini konsultasikan ke dokter paru agar dapat diketahui derajat asmanya dan mendapat pengobatan yang tepat,

Dengan pengobatan optimal, diharapkan asmanya bisa terkontrol dengan baik (tidak timbul serangan/ kambuh/ sesak) sehingga aktivitas tidak terganggu dan dapat berkegiatan seperti orang normal dan mungkin tidak memerlukan obat.

Pada asma istilahnya bukan "sembuh", tapi "terkontrol". Jadi menjadikan asma terkontrol dengan baik dan penderita dapat beraktivitas kembali dalam rutinitas seperti biasa . Demikian a asma istilahnya bukan "sembuh", tapi "terkontrol". Jadi penatalaksanaan asma yang baik akan meyang dapat saya jelaskan , semoga bermanfaat . Salam (Zb)

dr. Zubaedah, Sp.P , MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement