Selasa 26 Mar 2013 10:07 WIB

Sakit Pinggang dan Kesemutan Terus-Menerus

Sakit pinggang. Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Sakit pinggang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kalau sakit pinggang terus lama-lama menjalar ke kaki kiri dan sekarang malah telapak kaki kiri malah serasa kesemutan dan sering tidak berasa itu karena apa dan bagaimana pengobatannya?

 

Akip (32 tahun)

Jakarta

 

Jawaban:

Salam untuk Pak Akip terhormat, dari gejala yang bapak alami tersebut besar kemungkinan merupakan suatu gangguan percabangan saraf yang mempersarafi daerah tersebut, dimulai dari pinggang ke pinggul hingga kaki.

Penyebab dari gangguan cabang saraf tersebut bisa bermacam-macam, adanya spasme (kontraksi) otot punggung yg berlebihan, adanya kelainan tulang belakang, adanya jepitan saraf akibat penyakit atau cedera di tulang belakang, dapat juga merupakan gangguan saraf dan aliran darah akibat penyakit lain seperti Diabetes, sumbatan pembuluh darah,dll.

Oleh karena itu perlu diperhatikan, bagaimana proses perjalanan timbulnya gejala tersebut, ada tidaknya bengkak, terus menerus atau hilang timbul, ada tidaknya nyeri pada postur/ gerakan tertentu, serta diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dipilih berdasarkan pertimbangan pada saat pemeriksaan fisik, mulai dari rongent, EMG, MRI ataupun pemeriksaan laboratoris untuk mengetahui penyebab pastinya.

Pengobatan yang dapat diberikan bergantung dari penyebabnya, mulai dari relaksan otot, stimulan saraf, anti radang/anti nyeri, fisioterapi, penggunaan korset, tindakan pembedahan, dan pengobatan untuk penyakit yang mendasarinya.

Untuk itu sebaiknya dilakukan konsultasi dengan dokter spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Saraf untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu sehingga pengobatan yang dilakukan tepat sasaran. Demikian semoga bisa bermanfaat. (YM)

 

dr Yovita M, SpPD

Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement