Senin 25 Mar 2013 14:27 WIB

Nyeri Haid Sangat Parah, Mengapa Ya?

Gangguan haid/Ilustrasi
Foto: Musiron/REPUBLIKA
Gangguan haid/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,

Dok, saat menstruasi saya selalu mengalami nyeri yang lumayan parah, sampai persendian kaki lemas, mual kadang sampai muntah. Saya terbiasa minum ibuprofen. Apa itu nanti berefek pada organ reproduksi saya nantinya? Terima kasih.

Dewi (21 tahun)

Jakarta

Jawaban:

Salam kenal untuk Dewi. Nyeri haid dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kemungkinannya bisa fisiologis karena kontraksi rahim yang biasanya nyerinya tidak terlalu berat. Untuk nyeri yang hebat sampai mengganggu aktivitas seringkali disebabkan oleh endometriosis, yaitu jaringan lapisan dalam rahim yang tumbuh di tempat lain.

Nyeri haid yang diakibatkan endometriosis memang dapat diatasi dengan analgetik (seperti ibuprofen), tetapi obat ini bersifat simptomatik jadi tidak menghilangkan endometriosisnya.

Konsumsi ibuprofen dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Endometriosis sendiri dampaknya terhadap organ reproduksi tergantung pada derajatnya, ia bisa menumbulkan perlengketan organ reproduksi bagian dalam yang dapat menjadi penyebab infertilitas.

Jika nyeri haidnya memang sangat hebat, sebaiknya periksakan diri ke dokter, jika memang endometriosis penyebabnya maka terdapat berbagai alternatif pengobatan yang dapat dipilih.

Semoga dapat membantu. Salam. (EN)

dr. Erni Nurrahmi S. P., SpOG

Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement