Jumat 22 Mar 2013 14:18 WIB

Payudara Sakit Bila Ditekan

Anatomi Payudara (ilustrasi)
Foto: emedicinehealth.com
Anatomi Payudara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mau bertanya saya mengalami rasa sakit pada payudara sebelah kiri bila saya tekan. Ketika saya tekan terdapat benjolan tetapi bukan seperti kacang polong, melainkan memanjang seperti akar dari ketiak hingga ke tengah payudara. Bila ditekan rasanya sakit sekali, dan hanya ada di sebelah kiri payudara saya. Apakah itu kanker? Terimakasih sebelumnya. 

 

Dewi Amelia (21 tahun)

 

Jawaban:

Salam untuk Mbak Dewi, semoga selalu dipenuhi keberkahan. Berkaitan dengan kondisi yang dirasakan, maka perlu diketahui bahwa setiap benjolan di payudara disebut tumor, tumor ada yang jinak dan yang ganas (dikenal sebagai kanker).

Umumnya kondisi benjolan di payudara yang sifatnya jinak bisa disebabkan oleh kista payudara (fibrokistik disease) dan FAM (Fibroadenoma mammae). Pada beberapa kondisi, benjolan tersebut dapat terjadi akibat infeksi pada payudara.

Situasi infeksi payudara sering dialami, terutama pada ibu yang menyusui juga menyebabkan terabanya benjolan pada payudara, biasanya benjolan disertai nyeri, demam. Hal ini disebabkan karena tersumbatnya saluran ASI.

Sekali pun jarang, kanker payudara juga dapat menimbulkan nyeri. Pemeriksaan oleh dokter penting untuk memastikan apakah benjolan tersebut suatu keganasan atau bukan karena makin dini ditemukan suatu keganasan/ kanker angka kesembuhannya semakin tinggi. Demikian yang dapat diterangkan Mbak Dewi, semoga dapat dipahami, terima kasih. (WS)

dr Wita Sukmara, SpB

Spesialis Bedah Umum di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement