Sabtu 16 Mar 2013 08:16 WIB

Kuping Memerah dan Hangat Panas, Mengapa Ya?

Telinga (llustrasi)
Foto: stefaniekky.wordpress.com
Telinga (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pagi dok, saya sering mengalami kondisi dimana kuping saya memerah dan agak terasa hangat panas. Setelah itu saya pusing dok. Kata orang, kuping merah karena ada yang ngomongin, tetapi ini sakit apa sih ya dok? Terima kasih.

 

Odang (29 tahun) 

Bekasi

 

Jawaban:

Halo pak Odang, salam kenal.. Telinga yang terasa hangat dan kelihatan memerah kemungkinan disebabkan adanya infeksi telinga luar, biasanya dikarenakan seringnya menggosok atau membersihkan kulit liang telinga terlalu sering atau terlalu keras, atau karena sengatan binatang.

Di samping, mungkin pula disebabkan paparan panas sinar matahari langsung dalam durasi tertentu sehingga membuat gejala tersebut terjadi. Namun yang pasti sama sekali tidak ada hubungannya dengan mitos telinga merah karena diomongin orang.

Sedangkan gejala pusing yang anda alami bisa saja karena proses peradangan didaerah telinga atau bisa juga disebabkan oleh hal lain, seperti gangguan pada pusat keseimbangan di telinga dalam, hipotensi (tekanan darah rendah) dll. Sebaiknya periksakan telinga anda ke dr.THT, untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat dan terapi yang tepat. Semoga jelas dengan penjelasannya ya pak. Salam. (SB)

dr.Selfiyanti Bimantara M.kes., SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement