Kamis 14 Mar 2013 04:08 WIB

Balita Buang Air Kecil Tidak Tuntas

Anak bermasalah dengan buang air kecil/ilustrasi
Foto: modernmom.com
Anak bermasalah dengan buang air kecil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Assalaamu'alaikum dokter, anak saya yang nomor 4 --laki-laki berusia empat tahun-- terkadang kalau habis pipis masih ada tetesan kecil air kencing di celana dalamnya. Apakah ada faktor keturunan? Sebab saya juga terkadang tidak tuntas buang air kecilnya apalagi saat badan kurang fit. Mohon solusinya.

 

Andang (33 tahun)

Bogor

 

Jawaban:

Wa'alaikumsallam wr, wb, Pak Andang yang baik, perlu diketahui bahwa problem yang terjadi pada saat Buang Air Kecil (BAK) dengan kondisi menetes pada anak laki-laki yang belum disunat biasanya disebabkan akibat kelainan yang disebut sebagai Fimosis.

Dalam hal ini, Fimosis adalah menguncupnya preputium atau kulit pembungkus ujung kemaluan (dikenal juga sebagai kulup). Anak dengan fimosis ditandai juga dengan kulup yang menggembung saat BAK dan terkadang mengejan.

Fimosis sering menimbulkan komplikasi berupa infeksi, ditandai dengan terjadinya demam, anak yang rewel saat BAK karena nyeri, dan memerahnya ujung kulup. Problem tersebut tidak berkorelasi dengan kaitan problem keturunan, karena pada lelaki dewasa muda tidak lazim BAK-nya menetes diakhir. Hal ini dapat menjadi indikasi adanya batu di kandung kemih, dimana salah salah satu gejalanya adalah BAK yang nyeri dan menetes di akhir.

Namun demikian, guna dapat memastikan penyebab menetesnya BAK baik pada anak Anda maupun diri Pak Andang sendiri sebaiknya diperiksakan ke dokter, sehingga dapat diketahui diagnosa secara detail dan penanganan yang sesuai. Demikian yang dapat disampaikan, semoga membantu. (Nug)

dr Nugroho Budi Utomo, SpBU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement