Rabu 13 Mar 2013 09:13 WIB

Nyeri Saat Menarik Napas, Mengapa?

Nyeri Dada (ilustrasi)
Foto: blogspot
Nyeri Dada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering merasa nyeri saat menarik nafas agak dalam, saya tidak merokok, tetapi memang suami di rumah merokok. Apakah ini dampak perokok pasif itu Dok? Bagaimana mengatasinya? Mohon diterangkan.

 

Irnawati (33 tahun)

Banjarmasin

 

 

Jawaban:

Salam untuk ibu Irnawati yang baik, terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan yang ibu rasakan yaitu terasa nyeri saat menarik napas agak dalam (mungkin yang dimaksud adalah nyeri di dada), harus dilihat sebelah mana nyerinya (kanan atau kiri).

Hal ini dikarenakan jika nyerinya di sebelah kiri bisa kemungkinan ada gangguan di jantung, namun jika nyerinya di kanan bisa disebabkan beberapa kemungkinan yaitu kelainan di paru sendiri atau di otot dinding dadanya saja.

Untuk mengetahui penyebab yang pasti tentu saja harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Penyakit atau kelainan di paru maupun di jantung bisa juga disebabkan hal lain selain asap rokok. Pada perokok pasif, dampak yang akan dialami tergantung dari berapa banyak dan berapa lama ikut mengisap asap rokok tersebut serta di ruangan tertutup atau di ruang terbuka saat berdekatan dengan perokok.

Pengaruh yang akan timbul biasanya setelah lebih dari 10 tahun mengisap asap rokok. Jadi saat ini yang terbaik ibu periksakan ke dokter paru untuk mengetahui dengan pasti keluhan yang ibu rasakan.

Demikian yang dapat dijelaskan, semoga dapat dimengerti dan ibu cepat pulih kembali, Salam sehat. (Zub)

 

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement