Jumat 08 Mar 2013 10:14 WIB

Sering Sakit Saat Buang Air Kecil, Mengapa?

Menahan pipis/ilustrasi
Foto: cesnightmare.com
Menahan pipis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering kali buang air kecil di malam hari sedikit-sedikit dan terasa sakit, kenapa ya Dok? Apa problem yang saya alami dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih.

 

Giri (35 tahun)

Cikeas

Jawaban:

Salam untuk pak Giri, berkait dengan pertanyaan yang disampaikan kepada saya, maka sesuai dengan apa yang dialami tentu sangat membuat tidak nyaman istirahat di malam hari.

Berkenaan dengan hal yang diutarakan maka perlu diketahui bahwa pada pria dan wanita dengan usia kurang dari 50 tahun maka kendala atas keluhan Buang Air Kecil (BAK) yang sering, sedikit-sedikit dan terasa nyeri maupun anyang-anyangan, bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK) maupun indikasi atas gejala adanya batu disaluran kemih.

Dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium urine, jika sel darah putih (leukosit) pada urine lebih dari nilai rujukan, maka kemungkinannya adalah gejala ISK. Sedangkan jika pada urine terdapat sel darah merah (eritrosit) lebih dari nilai rujukan maka kemungkinan batu saluran kemih.

Hal ini berbeda dengan kondisi pada pasien dengan usia lebih dari 50 tahun dimana keluhan serupa BAK sering, sedikit, terbangun malam, nyeri dan harus mengejan maka hal tersebut dapat menjadi pertanda gejala pembesaran prostat. Dimana hal ini bisa berupa pembesaran prostat jinak atau kanker ganas prostat.

Pada kedua kasus diatas, hal yang paling dasar adalah jangan menganggap remah semua keluhan buang air kecil (BAK), karena itu dapat menjadi suatu indikasi problem yang lebih serius. Oleh karena itu, segera berkonsultasi dengan Spesialis Urologi agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, serta mendapatkan terapi dan penanganan yang sesuai. Demikian yang dapat disampaikan, semoga lekas pulih ya Pak. Salam. (Nug)

dr Nugroho Budi Utomo, SpBU

Spesialis Bedah Urologi di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement