Rabu 06 Mar 2013 11:11 WIB

Mahasiswa Jurusan Elektro Ingin Buka Usaha

Bisnis rumahan/ilustrasi
Foto: insidefortlauderdale.com
Bisnis rumahan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saya Marissa, mahasiswa jurusan teknik elektro. Di himpunan mahasiswa saya masuk bidang kewirausahaan. Nah, saya mau tanya kira-kira saya bisa membuat usaha apa ya yang cocok dengan mahasiswa jurusan elektro seperti saya? Terima kasih.

 

Marissa

Jawaban:

Dear Marissa yang muda dan berbakat. Sungguh sebuah hal yang baik telah memupuk kehendak untuk berwirausaha sejak dini. Mahasiswa adalah masa penuh kebebasan untuk mencoba berbagai hal positif, sehingga manfaatkan peluang itu untuk mendapatkan berbagai pengalaman yang berguna dalam hidup Anda.

Banyak hal sebenarnya yang bisa dibuat, tentu tidak harus melulu berkaitan dengan keaklian dalam bidang jurusan yang ditekuni. Karena, pada prinsipnya wirausaha adalah sebuah situasi dimana peluang pasar dapat ditangkap dan dikelola sehingga memberi manfaat bagi pasar yang membutuhkan maupun pelakunya sendiri.

Dalam hal ini, bila cermat memperhatikan peluang maka mulai dari kebutuhan akademik seperti fotokopi diktat kuliah, hingga berbagai hal lain seperti pulsa komunikasi, tas, kaos, topi dll yang mempersatukan kumpulan maupun himpunan dapat dijadikan peluang bisnis.

Namun jika hendak mencari hal yang berkaitan dengan keilmuan maka perlu pembedahan lebih lanjut, karena Jurusan Elektro umumnya terbagi menjadi arus kuat, arus lemah, komputasi dll. Fokuskan pada keahlian Anda, apa bisa servis benda elektronik seperti laptop, printer, komputer atau dapat pula menjadi pengembang website perusahaan/ individu, bahkan bila jago pemrograman dapat mulai menjajakan kemampuannya dengan pembuatan software sederhana dll.

Menurut hemat saya, banyak hal yang dapat dikembangkan di sana berkaitan dengan keilmuan. Bahkan termasuk berbagai penelitian yang biasanya dimulai pada skala universitas. Siapa bisa menyangka bila kemudian industri kendaraan elektrik seperti Tuxuci versi Dahlan Iskan dapat melanglang buana ke dunia? Hal tersebut dimulai dari skala penelitian universitas. Nah mulai sekarang harus ada kejelian dalam melihat semua hal.

Atau dapat pula bergabung dengan inkubator bisnis yang ada di kampus, maupun berhimpun pada koperasi mahasiswa sehingga dapat membuka wawasan usaha. Belajar melalui berbagai buku tentang usaha bisa juga menjadi sebuah hal penting dalam memperkuat gagasan serta ide usaha yang akan ditekuni nantinya.

Coba amati, cermati dan tulis setiap hal yang ada disekitar kita, kemudian pertimbangkan dan kalkulasi bobot usaha yang terkandung didalamnya. Semoga segera menemukan bidang usaha yang sesuai ya. Tetap semangat dan salam Entrepreneur. (EK)

Ery Kasman, SE, Msi

Direktur Entrepreneur Institute Cinere

 

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement