Senin 04 Mar 2013 11:04 WIB

Parut di Kulit Perut Setelah Caesar, Mengapa Ya?

Operasi caesar.
Foto: asiahealthcareblog.com
Operasi caesar.

REPUBLIKA.CO.ID, Salam, Dok,saya ingin bertanya apakah wajar warna perut menjadi kehitaman (tampak gosong) dan dirasa lebih kasar pasca melahirkan dengan caesar? Adakah solusi untuk menormalkannya kembali? 

Sari (27 tahun)

Depok

 

Jawaban:

Terima kasih Bu Sari atas pertanyaannya, selamat atas kelahiran putranya ya Bu. Berkaitan dengan bekas luka operasi dan bentuknya yang kehitaman maka memang perlu observasi atas kondisi fisik yang dimaksudkan.

Apakah warna hitam yang tampak di perut ibu apakah berupa garis? Pada bekas luka operasi atau luas menyebar seluruh perut? Warna hitam pada bekas luka operasi disebabkan proses penyembuhan berupa darah beku di bawah kulit (memar) di sekitar luka yang awalnya menghitam, sejalannya waktu (2-3 minggu) akan menipis dan warnanya memudar. Usahakan bekas luka jangan terpapar sinar matahari langsung karena kehitaman pada garis luka kemungkinan akan permanen (berlaku pada seluruh area tubuh).

Sedangkan bila warna hitam berbatas tegas seperti selendang kemungkinan karena tekanan yang terus menerus pada kulit seperti pemakaian korset atau stagen pasca melahirkan atau iritasi kronis akibat alergi bahan korset atau celana juga deterjen pencucinya. Warna akan memudar apabila pemakaian dan kontak dihentikan, tetapi ada kemungkinan bisa permanen.

Hal ini bisa dicegah dengan pemakaian korset yang longgar dan jangan dipakai terus menerus (bila tidur dilepas) dan berikan pembatas agar korset tidak langsung menempel ke kulit. Untuk kulit kering kasar dapat diberikan pelembab (body lotion, minyak zaitun) dan jangan memakai sabun antiseptik yang akan membuat kulit lebih kering dan gatal. Ubah perilaku menggaruk atau menggesek kulit bila gatal, akan mengurangi kondisi kulit kasar diperut. Ada baiknya ibu konsultasi ke dokter untuk evaluasi kondisi perut ibu. Terimakasih bu. (QH)

dr Qori Haly, SpBP-RE

Spesialis Bedah Plastik di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement