Senin 25 Feb 2013 12:39 WIB

Telinga Berair dan Bau, Mengapa Ya?

Infeksi telinga (Ilustrasi).
Foto: medialook.com
Infeksi telinga (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, mohon maaf sebelumnya saya mau bertanya ya? Kenapa beberapa hari ini telinga saya berair bahkan terkadang berbau. Saya jadi minder karena bisa sewaktu-waktu cairan telinga itu keluar tanpa saya sadari. Ini kenapa dan bagaimana saya seharusnya ya Dok? 

 

Ulam (25 tahun)

Tangerang

 

Jawaban:

Hai Mas Ulam, tentu saja kondisi tersebut tidak nyaman ya, apalagi kalau bertemu dengan orang banyak. Tetapi harus tetap peDe ya, karena masalah itu bisa ditangani. Situasi dimana telinga berair dapat dikarenakan berbagai faktor penyebab, yaitu infeksi/peradangan pada lubang telinga luar atau infeksi telinga tengah.

Infeksi telinga luar, pada banyak kasus, penyebabnya karena terlalu sering membersihkan telinga dengan menggunakan kapas telinga atau benda tajam lain seperti peniti, jepitan rambut dan lain-lain. Dalam hal ini berdampak pada terjadinya perlukaan kulit lubang telinga, atau bahkan yang paling fatal mengakibatkan robeknya gendang telinga. Luka tersebut dapat terinfeksi dan terkontaminasi dengan air yang masuk dari luar telinga, menyebabkan kondisi telinga berair seperti yang dinyatakan sebelumnya.

Telinga berair juga dapat disebabkan karena pecahnya gendang telinga karena tekanan dalam rongga telinga tengah akibat proses infeksi yang biasanya disebabkan infeksi saluran pernafasan atas yang berulang. Setelah gendang telinga pecah cairan nanah mengalir keluar ke lubang telinga. Pengobatan telinga berair adalah dengan pemberian antibiotik. Tujuannya, agar infeksi yang mendasari telinga berair sembuh.

Antibiotik yang diberikan dapat berupa antibiotik tetes telinga maupun antibiotik minum. Bisa salah satu saja atau keduanya, tergantung pada berat ringannya infeksi. Jika sudah diobati dengan antibiotik tak juga kunjung sembuh, maka dokter akan mencari penyebabnya. Bisa saja telinga berair disebabkan oleh jamur atau alergi atau karena adanya infeksi kronis pada tulang di dalam telinga tengah.

Jika penyebab infeksi sudah dapat diatasi, dokter akan melakukan perbaikan pada gendang telinga yang bocor. Tujuannya, selain untuk memperbaiki pendengaran, juga untuk mencegah timbulnya infeksi berulang di kemudian hari. Perhatikan hal berikut agar infeksi telinga tidak berulang: jangan mengorek telinga terlalu sering & terlalu dalam, jaga agar telinga selalu dalam keadaan kering, hindari paparan penyakit batuk pilek, bila tidak pulih segera ke dokter spesialis THT.

Semoga jelas dengan penjelasannya dan segera lekas sembuh ya Mas Ulam, salam. (SB)

 

Dr. Selfiyanti Bimantara Mkes., SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement