Jumat 22 Feb 2013 17:12 WIB

Duh, Wajah Kok Banyak Komedo Ya?

Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, wajah saya banyak komedo bintik-bintik kecil, tetapi sering terasa gatal bila berkeringat. Ini kenapa dan bagaimana mengatasinya ya?

 

Iman (26 tahun)

Depok

 

Jawaban:

Dear Mas Iman yang baik, perlu diketahui komedo adalah sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit. Sumbatan ini bisa terjadi karena sel kulit mati maupun kelenjar minyak pada wajah. Pemakaian kosmetika pada wajah juga berpengaruh pada kondisi terjadinya sumbatan tersebut.

Disamping itu, berkeringat serta udara luar yang panas maupun lembab dapat menjadi salah satu faktor pemicu munculnya komedo. Sumbatan pada pori-pori kulit merupakan penumpuknya kotoran dari berbagai hal tersebut diatas, terlebih bila memang aktifitas yang dilakukan lebih banyak bersifat outdoor tentunya.

Partikel dari debu, asap kendaraan, bahkan udara sekalipun merupakan dapat menjadi penyebab serta sarana bagi terbentuknya lapisan komedo diwajah. Komedo dapat menyebabkan problem gatal pada kulit wajah, karena adanya proses peradangan kulit.

Nah, yang paling penting dilakukan untuk dapat mengatasinya adalah dengan disiplin dan rajin membersihkan wajah dengan sabun yang mengandung tree tea oil. Disamping itu, dapat pula menggunakan krim yang bersifat comedolitik, seperti salisil atau sulfur.

Bila kemudian tidak terjadi perubahan dalam kurun waktu 2 bulan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis Kulit Anda, sehingga dapat ditangani degan baik. Terima kasih, semoga wajahnya kembali bersinar ya mas Iman. Salam (AP)

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit & Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement