Rabu 20 Feb 2013 12:07 WIB

Sering Sakit Kepala Hebat, Mengapa?

Sakit Kepala (ilustrasi)
Foto: ABBEYCHIRO.IE
Sakit Kepala (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, sudah beberapa bulan ini ayah saya 54 tahun mengalami sakit kepala hebat. Saya khawatir ciri stroke, karena menurut ayah saya rasanya seperti ada tekanan di kepala dari arah samping kiri yang menjalar. Ini apa ya dok? Lalu bagaimana mengatasinya? Terima kasih.

 

Maya (26 tahun)

 

Jawaban:

Salam hormat untuk Ayahanda dari mbak Maya, semoga selalu dalam naungan terbaik. Kekhawatiran mengenai stroke adalah hal yang wajar, meski tidak semua sakit kepala itu harus dicurigai sebagai suatu tendensi atas kondisi stroke. Perlu dipahami bahwa sakit kepala yang dicurigai sebagai indikasi atas stroke bilamana terjadi sakit kepalanya itu sangat hebat berdenyut, cenderung satu sisi dan disertai dengan gejala klinis yang lain.

Beberapa gejala klinik yang umumnya menyertai adalah seperti sulit untuk bicara, tidak bisa fokus pada arah pembicaraan, kalaupun bicara bisa maka intonasi nada suara cenderung pelo/ seperti cadel. Dapat pula ditambah dengan kondisi fisik seperti, adanya kelemahan pada sisi sebagian tubuh, disertai dengan gangguan keseimbangan atau sempoyongan. Bahkan, beberapa diantaranya kalau menelan sering tersedak, dan masih banyak lagi yang lain.

Sehingga, evaluasi atas gejala stroke terjadi bila kemudian sakit kepala tersebut disertai dengan gejala yang lain tersebut. Kalau melihat gejala sakit kepala Ayahanda mbak Maya rasakan, dimana terjadi problem nyeri dikepala sampai ke belakang, kemungkinan jenis sakit kepala yang Primer (Tension Type Headache/ sakit kepala karena disebabkan oleh tegang dan kaku dari otot kepala sampai otot leher).

Pada kondisi sakit kepala yang disebabkan oleh stroke itu, adalah jenis sekunder. Namun demikian, akan lebih baik, bila kemudian Ayahanda mbak Maya dibawa ke spesialis saraf terdekat untuk dapat melakukan observasi dan diagnosa yang sesuai sehingga dapat memberikan treatment yang tepat, berdasarkan pemeriksaan yang dibutuhkan. Semoga dapat membantu menjelaskan, terima kasih. (AS)

 

dr.Ananda Setiabudi, SpS

Spesialis Saraf di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement