Selasa 19 Feb 2013 12:07 WIB

Kulit Bayi Kok Keriput Seperti Orang Tua?

Bayi baru lahir/ilustrasi
Foto: dok. Merpati
Bayi baru lahir/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hi dok, selamat pagi. Saya baru saja melahirkan anak dengan kondisi bayi kecil saya dengan BB 2.8 kg dan PB 48cm. Tapi, kenapa ya kulit tubuhnya kisut seperti orang tua, bagaimana  perawatannya? Apakah boleh saya beri susu formula karena ASI saya tidak keluar? Adakah vitamin tertentu bagi pertumbuhan bayi saya? Terima kasih ya dok.

 

Mina (29 tahun)

Tangerang

Jawaban:

Hi bu Mina, selamat atas kelahiran buah hatinya ya, tetap bersemangat terus memberikan semua hal yang terbaik bagi bayi kita ya. Nah menyambung pertanyaan yang diajukan, maka memang masih perlu beberapa data tambahan seperti misalnya apakah bayi ibu lahir prematur atau cukup bulan?

Karena seorang bayi dikatakan kecil apabila berat lahirnya < 2500 gram. Jadi sebenarnya bayi ibu masih termasuk normal. Kulit bayi tampak kisut seperti bentuk kerut pada orang tua dikarenakan lemak pada posisi di bawah kulitnya yang masih sedikit. Apabila berat badannya bertambah, maka secara langsung kondisi lemak di bawah kulitnya juga akan bertambah sehingga kulitnya tidak akan kisut lagi.

Kemudian berkaitan dengan soal nutrisi bayi, maka sesungguhnya susu yang paling baik adalah ASI (Air Susu Ibu), apabila baru saja melahirkan masih banyak cara untuk meningkatkan produksi ASI ibu. Baik itu dengan obat, suplemen, maupun banyak mengkonsumsi serat dan minum air putih.

Untuk informasi yang lebih jelas,  Ibu dapat berkonsultasi dengan klinik laktasi terdekat, konselor laktasi, dokter spesialis anak ibu atau dengan sharing bersama Komunitas Ibu ASI. Pemberian ASI tidak hanya memberikan kecukupan nutrisi dan kebutuhan asupan bagi sang bayi namun juga menjadi sarana mempererat hubungan psikologis Ibu dan anak (bonding).

Sama halnya dengan asupan nutrisi, maka kebutuhan vitamin sekalipun untuk sang bayi memang akan dipenuhi secara keseluruhan melalui ASI.

Bahwa memang ada vitamin yang dapat diberikan untuk bayi, tetapi untuk jenis dan dosis pemberiannya sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Jaga dengan baik karunia hidup kita ya bu, salam buat keluarga, semoga penjelasan ini dapat memberikan tambahan informasi. (RS)

 

dr Retno Saraswati, SpA, MKes

Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement