Selasa 19 Feb 2013 08:02 WIB

Keloid Menahun, Bagaimana Menghilangkannya?

Konsultasi dokter/ilustrasi
Foto: medicalcareers.nhs.uk
Konsultasi dokter/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Assallamu'alaikum, Dokter. Bagaimana cara untuk menghilangkan keloid yang sudah menahun. Sudah beberapa kali disuntik untuk mengecilkan peradangannya, tapi sekarang membesar lagi. Mohon penjelasannya, Terima kasih Dokter.

 

Innah

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya mbak Innah. Saya merasakan penderitaan ibu akibat dari keloid yang menahun. Rasa frustasi akibat gatal kemerahan, malu dengan penampakan keloid dan sakit saat menjalani terapi suntik pencegah keloid.

Saran saya ibu dapat konsultasi dengan dokter yang berkompeten seperti dokter bedah plastik atau spesialis kulit kelamin untuk evaluasi keloid. Pada keloid menahun dokter akan menawarkan pilihan terapi sesuai kondisi dan keinginan pasien dengan mempertimbangkan biaya, efektifitas dan efisiensi.

Pilihan penanganan keloid menahun adalah dengan operasi pembuangan keloid dan penutupan tergantung lebar luka, diikuti dengan observasi evaluasi rutin awal setiap minggu serta intervensi untuk mencegah/menghambat faktor pencetus keloid tumbuh kembali (salep, injeksi atau kompresi) apabila diperlukan.

Semoga informasi ini dapat membantu ibu mendapatkan penanganan yang efektif, efisien, dengan kekambuhan yang minimal. Salam dari kami. (QH)

 

dr Qori Haly, SpBP

Spesialis Bedah Plastik di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement