Jumat 15 Feb 2013 12:00 WIB

Anak Terkena Pneumonia dan Muntah Darah

Anak Sakit/Ilustrasi
Foto: Corbis.com
Anak Sakit/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter, nama saya Bu Alya, saya mempunyai anak perempuan berumur 12 tahun. Anak saya demam, muntah, dadanya sangat sesak, dan sulit bernapas. Dokter mendiagnosis pneumonia pada X-ray dada, sekaligus demam tifus. Sehari yang lalu, anak saya pingsan beberapa kali, dan muntah darah. Dok, mohon petunjuk dan saran, apa yang harus saya lakukan lagi. Terima kasih.

Alya Shafira

Jawaban :

Dear Bu Alya, semoga sang buah hati sekarang telah ditangani ya Bu. Nah bila membaca riwayat yang disampaikan, maka perlu dipahami demam adalah dampak dari terjadinya penurunan kondisi kesehatan yang dapat berkorelasi dengan berbagai indikator penyakit pada anak.

Demam yang kemudian diboboti oleh kondisi lain seperti muntah darah dan beberapa kali pingsan (tidak sadarkan diri), dada sesak serta sulit bernapas dikategorikan sebagai kasus darurat yang perlu mendapatkan penanganan segera, dalam wilayah gawat & darurat sehingga perlu penanganan segera.

Bersamaan dengan itu, sesuai hasil pemeriksaan penunjang X-ray yang pada diagnosisnya disebutkan sebagai pneumonia & tifus, sudah barang tentu yang perlu dilakukan adalah perbaikan kondisi sang anak, termasuk nantinya adalah perbaikan kondisi lingkungan. Pneumonia adalah kondisi radang paru-paru yang mudah menular melalui udara, disebabkan oleh karena infeksi saluran pernafasan akibat jamur/ bakteri/ virus/ parasit.

Kondisi pneumonia dapat dicegah dengan vaksinasi, menjaga kebersihan lingkungan, jauhkan dari paparan asap rokok, menjaga kebersihan diri dan tangan sebelum serta sesudah makan. Oleh sebab itu, orang tua memang diharapkan lebih waspada dalam mendeteksi kondisi kesehatan anak kita, agar dapat ditangani dengan tepat dan mencegah berbagai hal terburuk yang dapat saja terjadi. Semoga dapat membantu menjelaskan, terima kasih, salam sehat. (YK)

dr Yuni Kurnia, SpA

Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement