Rabu 13 Feb 2013 16:09 WIB

Sering Keguguran di Bulan Keempat, Mengapa Ya?

Keguguran
Keguguran

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mengalami dua kali keguguran dan anehnya selalu saat menginjak umur kandungan empat bulan. Kenapa ya dok? Apa ada masalah pada rahim saya? Padahal saya telah memiliki dua orang putri sebelumnya, setelah itu saya tidak ber-KB tetapi kenapa belum ada tanda kehamilan lagi ya Dok?

Terima kasih

Indri (33 tahun)

Bandung

Jawaban:

Salam buat Ibu Indri di Kota Kembang, semoga sehat selalu. Berkait dengan pertanyaan mengenai kehamilan lanjutan yang mengalami keguguran, maka perlu diketahui bahwa terdapat berbagai faktor terkait yang dapat menjadi penyebab kondisi keguguran kehamilan.

Salah satu yang menjadi penyebab utama dari keguguran umumnya adalah problem kelainan di janin, dimana masalah kelainan janin tersebut merupakan akibat dari kelainan genetik pada kromosom yang diturunkan oleh suami atau istri.

Dalam hal ini langkah yang terbaik untuk dapat mengindari terjadinya keguguran adalah melakukan pengecekan serta analisis fertilitas suami dan istri. Dengan riwayat yang pernah mengalami kehamilan dan melahirkan sebelumnya, tentu perlu pemeriksaan pada kondisi terkini.

Jenis pemeriksaan yang dibutuhkan adalah evaluasi analisis sprema untuk suami dan cek adakah kemungkinan potensi infeksi pada istri. Bersamaan dengan hal itu, maka keduanya (suami-istri) dianjurkan untuk mengonsumsi antioksidan agar kualitas sperma serta sel telur baik.

Agar bisa hamil, usahakan untuk dapat melakukan hubungan seksual mulai hari ke-11 (sebelas) dari haid pertama serta diberikan jeda satu hari ketika melakukan hubungan intim selanjutnya. Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat menjelaskan. Segera berkomunikasi dengan dokter Anda agar dapat dilakukan observasi fisik secara mendalam. Terima kasih, salam. (SS)

dr Sanny Santana, SpOG

Spesialis Kebidanan & Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement