Senin 11 Feb 2013 14:35 WIB

Gigi Sensitif dan Sering Ngilu, Mengapa?

Dokter Gigi (ilustrasi)
Dokter Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, gigi saya terbilang sensitif mungkin ya? Saya sering minum atau makan dingin langsung terasa ngilu dan tidak nyaman sekali, apa karena berlubang ya Dok? Apa perlu ditambal? Supaya gigi tidak berlubang, saya harus bagaimana sih Dok? Terima kasih.

Andri (26 tahun)

Depok

Jawaban:

Salam kenal dengan Mas Andri di Depok. Untuk gigi yang sensitif itu disebabkan oleh permukaan jaringan dentin gigi yang terbuka. Terbuka jaringan dentin bisa disebabkan pengikisan jaringan enamel yang merupakan permukaan terluar dari gigi akibat misalnya dalam menggosok gigi yang tidak benar.

Selain itu, tentu saja pada gigi yang sudah berlubang karena permukaan dentinnya sudah pasti terbuka menyebabkan gigi tersebut sensitif atau ngilu. Untuk mengetahui penyebab gigi-gigi Mas Andri yang sensitif tersebut tentu harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter gigi.

Dokter gigi nanti akan memeriksakan apa yang menyebabkan gigi tersebut sensitif. Jika memang terdapat gigi yang berlubang maka untuk menegakkan diagnosis akan dilakukan rontgen foto periapikal guna melihat sedalam apa lubang gigi tersebut dan melihat kondisi klinis jaringan pendukung gigi tersebut.

Jika gigi belubangnya belum sampai pada ruang pulpa yang berisikan saraf gigi dan tidak adanya kelainan pada jaringan pendukungnya maka gigi tersebut dapat dilakukan penambalan. Namun jika lubangnya sudah mengenai jaringan saraf gigi tentunya harus dilakukan perawatan saraf gigi atau yang dikenal dengan nama endodontic treatment terlebih dahulu yang setelah itu baru dibuatkan restorasinya berupa crown (mahkota gigi).

Mengenai bagaimana caranya agar supaya gigi tidak berlubang adalah lakukan pembersihan gigi dengan menggosok gigi dengan cara yang benar minimal 2x (dua kali) sehari pada waktu pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Kemudian membersihkan celah-celah antar gigi dengan menggunakan dental floss dan lakukan kumur-kumur dengan obat kumu (mouthwash).

Terakhir melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Demikian mas Andri informasi yang bisa diberikan semoga menambah wawasan mengenai kesehatan gigi dan mulut tentunya. Terima kasih, salam sehat. (Sam)

drg Samdharu P, MPhil, SpProst

Spesialis Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement