Sabtu 09 Feb 2013 10:58 WIB

Rambut Rontok dan Tipis, Solusinya?

Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, Saya ingin menanyakan tentang masalah rambut. Saya mengalami masalah kerontokan rambut yang parah, di mana rambut bagian depan (dahi) saya sampai terlihat jarang-jarang. Saya sudah mencoba berbagai hair tonic, serum, sampo namun belum menunjukkan hasil.

Saat ini saya masih berusia 18 tahun. Apa yang harus saya lakukan, Dok, agar rambut saya tidak rontok lagi? Bagaimana cara untuk dapat membantu menumbuhkan kembali rambut saya secara subur agar kembali tebal dan tidak rontok seperti semula?

Stephen Valentinus

Jawaban:

Salam untuk Stephen yang baik. Mengenai masalah kerontokan rambut ini dapat dipicu oleh banyak faktor penyebab. Selain faktor genetis, ada faktor lain seperti hormon, stres, diet berlebihan, penyakit di kulit kepala (misalnya ketombe, foliculitis, tinea capitis, dll) dan konsumsi obat tertentu yang bisa menyebabkan kerontokan.

Pemakaian hair tonic, serum maupun sampo kadang tidak dapat mengatasi masalah bila penyebabnya tidak diatasi sehingga peredaran darah maupun fungsi folikel rambutnya tidak optimal. Fungsi rambut tidak hanya sebagai penghias kepala, juga menjadi penapis dari panas di kondisi luar.

Adapun akupunktur dapat membantu mengatasi masalah kerontokan ini dengan cara memperbaiki peredaran darah juga sistem pencernaan agar nutrisi dapat terserap dengan baik dan dapat menutrisi rambut seperti yang seharusnya. Di samping itu juga menyeimbangkan sistem hormon sehingga folikel rambut pun dapat berfungsi optimal.

Terapi akupunktur dilakukan dua kali dalam seminggu. Jumlah terapi yang diperlukan tergantung dari respons masing-masing individu. Dimana tidak ada efek samping dari tindakan akupunktur karena cara kerjanya mengoptimalkan sistem organ tubuh dengan rangsangan jarum pada titik-titik akupunktur khusus untuk kerontokan rambut.

Demikian, semoga dapat membantu. Terima kasih. (SA)

dr.Sri Ardiyati, Sp.Ak

Spesialis Akupunktur Medik RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement