Jumat 08 Feb 2013 11:20 WIB

Hamil Pertama Mudah Sekali Lelah, Mengapa?

Ibu hamil, ilustrasi
Ibu hamil, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sedang hamil muda. Ini kebetulan kehamilan perdana dengan usia kehamilan tiga bulan. Saya adalah wanita karier yang tipikalnya dominan, secara fisik memang mudah sekali lelah ya Dok. Apa kondisinya seperti itu? Apa saran terbaiknya Dok?

Oh ya beberapa saat ini sering terlihat flek seperti keputihan tapi ada flek kemerahan, kenapa ya Dok? Terima kasih.

Andini (27 tahun)

Jawaban:

Untuk Ibu Andini yang baik, kondisi kehamilan di trisemester pertama memang akan berkorelasi dengan situasi seperti mudah lelah, secara pasti penyebabnya memang belum diketahui secara jelas, namun bisa dikontribusikan oleh berbagai faktor seperti karena perubahan hormonal, atau juga diakibatkan oleh kegiatan fisik kita.

Terlebih sebagai wanita pekerja, beberapa kondisi bisa saja terjadi seperti kurang tidur, kurang asupan makanan, depresi karena stres pekerjaan maupun sampai pada kondisi terjadinya anemia. Dalam kondisi tersebut maka kehamilan awal memang perlu perhatian ekstra.

Bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja dengan melakukan perbaikan kondisi seperti istirahat yang cukup, tidur lebih cepat, ambil waktu relaksasi. Bahkan dapat pula menghindari kondisi tertentu yang monoton dalam waktu lama seperti berdiri atau duduk. Penuhi dan cukupi jumlah asupan makanan, jangan terlalu memaksakan diri secara fisik mintalah pengertian dari lingkungan sekitar.

Sedangkan untuk bercak merah/ spotting atau flek pada kehamilan muda dapat disebabkan berbagai faktor terkait dan biasanya dibagi menjadi 2 hal terkait:

1). Berkaitan dengan Kehamilan:

a. Keguguran mengancam, adanya gangguan pada kehamilan yang dapat berujung pada keguguran.

b. Hamil diluar kandungan, hal ini perlu pemeriksaan seksama karena dapat mengancam jiwa si ibu

c. Hamil anggur, dll

2). Gangguan Penyerta:

a. Infeksi mulut rahim

b. Polip

c. Myoma

d. Gangguan pembekuan darah, dll

Oleh karena banyak penyebab yang perlu penanganan yang berbeda, maka ibu perlu periksa ke dokter kandungan ibu untuk mendapat penanganan yang sesuai. Terima kasih, sukses kehamilan dan persalinannya ya bu, salam. (SC)

dr S Chandra, SpOG, DMAS

Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement