Rabu 06 Feb 2013 14:09 WIB

Gigi Tidak Beraturan, Bagaimana Solusinya?

Kawat gigi
Foto: doityourself.com
Kawat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, gigi saya agak tidak beraturan agak tumpang tindih (gingsul), apa benar bisa diperbaiki dengan pemasangan kawat behel? Berapa lama pemakaian dan apakah ada dampaknya? Mohon penjelasan Dok.

Andi (28 tahun)

Semarang

Jawaban:

Salam kenal Mas Andi, terima kasih atas partisipasinya dalam rubrik ini. Perihal gigi-giginya yang tumpang tindih karena adanya gingsul memang salah satu indikasi untuk dilakukan perawatan dengan pemasangan kawat behel atau yang disebut dengan perawatan orthodonti.

Dengan perawatan orthodonti hal ini dapat diperbaiki. Kasus gigi yang tumpang tindih atau berjejal disebabkan oleh karena ruangan yang tersedia tidak mencukupi sehingga saat gigi tumbuh karena kekurangan ruangan tersebut tumbuhnya tidak mengikuti alur semestinya. Untuk berapa lamanya pemakaian alat orthodontinya (behel/bracket ortho) tentu tergantung dari kesulitan dari kasus tersebut, bisa juga dari umur pasiennya.

Semakin berumur semakin memerlukan waktu yang cukup lama. Juga dipengaruhi oleh pasien sendiri, karena dalam perawatan orthodonti memerlukan kontrol tiap bulannya jika hal ini tidak dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan maka perawatannya pun akan memakan waktu lama.

Kedisiplinan pasien sangat diperlukan guna menunjang keberhasilan perawatan orthodontinya. Mengenai dampaknya sepanjang rencana perawatannya dilakukan dengan benar tidak ada dampak apapun bagi pasien malah akan dampak positif bagi pasien karena gigi-giginya bisa lebih rapi dan sehat. Kecuali pasien memiliki alergi terhadap bracket ortho itu sendiri.

Oleh karena itu disarankan dalam penanganan kasus ini sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis orthodonti. Dokter spesialis orthodonti nanti akan menjelaskan rencana perawatannya, berapa lama perawatannya dan prognosis dari kasus ini. Demikian mas Andi yang bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan menjawab keraguan untuk memperbaiki kondisi giginya.

drg Samdharu P, M Phil, SpProst

Spesialis Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement