Senin 04 Feb 2013 09:02 WIB

Makanan Sehat untuk Balita, Apa Saja?

Anak Makan Ikan (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin
Anak Makan Ikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, apa saja makanan yang baik untuk anak usia tumbuh kembang 3-5 tahun agar tetap bisa cerdas? Selain itu, apakah bisa pola penyajian seperti makanan goreng diperbolehkan?

Terima kasih

Ida (29 tahun)

Bekasi

Jawaban:

Salam untuk Ibu Ida, seperti diketahui usia tumbuh kembang membutuhkan nutrisi terbaik karena menjadi periode emas pertumbuhan serta perkembangan anak. Oleh karena itu, maka perhatian atas asupan makanan yang dibutuhkan menjadi sebuah hal yang perlu diutamakan.

Pada usia anak 3 sampai 5 tahun, kemampuan makan telah sama seperti orang dewasa namun membutuhkan tekstur makanan yang lebih lembut. Prinsipnya sang anak sudah bisa diperkenalkan pada berbagai jenis makanan dan diperbolehkan makan apa saja yang sama seperti orang dewasa konsumsi.

Hanya saja, perlu ditakar asupan jumlah protein hewani atau nabati agar dalam proporsi yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan protein akan mendukung pemenuhan kecukupan gizi anak. Disamping itu, sebaiknya tetap konsumsi susu 3-4 kali sehari.

Hindari makanan yg mengandung natrium tinggi: kecap, saus, penyedap, pengawet, makanan instant dan Fast food. Makanan boleh digoreng atau ditumis. Sebaiknya menu selalu bervariasi agar anak tidak bosan dan mengenal berbagai jenis makanan sejak kecil.

Untuk menambah kecerdasan, konsumsi protein harus cukup terutama ikan laut karena kandungan omega 3 yang lebih banyak dibanding makanan lainnya.

dr Laila Hayati, SpGK

Spesialis Gizi Klinik RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement