Kamis 31 Jan 2013 15:26 WIB

Dada Sebelah Kiri Sering Sakit, Mengapa?

Jantung Sehat
Foto: deherba.com
Jantung Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, mau tanya sering dada sebelah kiri saya sakit, terkadang pula sesak, dan telapak tangan berkeringat. Kira-kira gejala apa ya, Dok?

Terima kasih

Nadia (22 tahun)

Depok

Jawaban:

Salam untuk Nadia di Depok, menanggapi pertanyaan yang disampaikan maka perlu dipahami kondisi yang dialami sebagai keluhan tersebut yakni sakit dada sebelah utamanya bagian kiri ditambah dengan sesak nafas dan tangan berkeringat dapat diasosiasikan dengan berbagai kemungkinan penyebab penyakit.

Namun demikian, salah satu yang dikhawatirkan hadir dengan gejala serupa adalah PJK (Penyakit Jantung Koroner). Dalam hal ini, kondisi dimana terjadi PJK pada wanita diusia 22 tahun sangatlah jarang terjadi.

Kondisi yang paling mendekati seperti keluhan yang dirasakan tersebut kemungkinan adalah penyakit akibat kelemahan dari katup jantung (Mitral Valve Prolapse). Untuk memastikan hal tersebut, perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis dan melakukan pemeriksaan penunjang USG Jantung (Echocardiografi).

Terakhir tetap menjaga pola hidup sehat adalah yang utama, yakni pola konsumsi makanan sehat serta pola aktifitas berolahraga yang teratur. Ditambah jauhi asupan seperti alkohol & rokok yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada organ Jantung. Demikian ya, terima kasih, salam sehat. (AZ)

dr. A. Zaini, SpJP

Spesialis Jantung di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement