Rabu 16 Jan 2013 11:36 WIB

Kulit Kering Bikin Rambut Rontok?

Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum. Dok, saya mengalami masalah dengan kulit tangan saya, di mana kering dan jarang sekali berkeringat. Saya sudah beberapa kali ganti handbody, lulur, dan memakai minyak zaitun, tapi tetap saja tangan saya dari bahu sampai pergelangan tangan saya kering bahkan sekarang seperti mengelupas, itu kenapa ya dok? Selain itu, saya juga punya masalah sama rambut saya yang rontok tiap kali sisiran. Apa dari kedua keluhan itu masalahnya sama, terdapat di kulit? Mohon bantuannya ya, dok. Terima kasih.

Rosdiana

Jawaban:

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Untuk Saudari Rosdiana yang baik, perlu diketahui bahwa kondisi di mana kulit kering, dapat disebabkan oleh berbagai faktor pencetus terjadinya kehilangan kelembaban kulit secara normal. Beberapa penyebabnya, antara lain:

- Paparan sinar matahari;

- Terpapar cuaca dingin;

- Terpapar angin;

- Dehidrasi akibat pemakaian obat, air laut; 

- Klorin pada kolam renang;

- Makanan;

- Berjemur terlalu lama;

- Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, adalah dengan penggunaan sunblock saat di luar ruangan, pelembab (mosturizer), banyak minum, banyak makan sayur dan buah-buahan sehingga kesehatan dan normalitas kondisi kulit menjadi lebih terjaga. Dalam hal ini, perbaikan pola hidup dan beraktivitas dalam menghindari beberapa faktor penyebab terjadinya kulit kering perlu dilaksanakan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk kondisi di mana terjadi kerontokan rambut, maka hal ini dapat dijelaskan bila faktor pengaruh dari terjadinya kerontokan rambut tersebut, antara lain:

- Problem hormonal;

- Keturunan;

- Faktor fisik seperti mengikat rambut terlalu kencang;

- Indikasi dari penyakit tertentu;

- Faktor usia;

- Penggunaan bahan kimia seperti obat kemoterapi 

- Terapi radiasi;

- Stress.

Kerontokan pada rambut, normal terjadi pada setiap orang dikatakan normal bila kerontokan berkisar antara 50–100 helai rambut per hari. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan bergaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, makan senilai konsep gizi lengkap dan seimbang.

Beberapa zat gizi untuk mencegah kerontokan yaitu: Vitamin A, B,C, Tembaga, Zat Besi, Zinc, Protein dan air. Oleh karena itu, alangkah baiknya Saudari Rosdiana mengkonsumsi makanan yang bergizi sesuai kebutuhan tubuh untuk membantu mengatasi kulit kering dan kerontokan rambut.

Bila kondisinya tidak kunjung pulih, maka perlu berkonsultasi langsung ke dokter kulit agar dapat melakukan penanganan yang sesuai. Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan Salam. (SK)

Dr Sasa Khairunisa, SpKK

Spesialis Kulit & Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement