Selasa 08 Jan 2013 14:53 WIB

Darah Kental, Perlukah Minum Obat?

Periksa gula darah dengan berkala (Ilustrasi)
Periksa gula darah dengan berkala (Ilustrasi)

Pertanyaan:

Dokter, saya laki-laki umur 45 tahun dengan tinggi 167cm dan berat 86 Kg. Saya kalau tes darah sendiri dengan menggunakan alat bantu, kenapa susah sekali keluar darahnya (darah kental sekali)? Apakah perlu minum aspirin/ aspilet? Sebaiknya berapa kali dan minum pagi/ siang/ sore? Terima kasih.

Hartono

Jawaban:

Bapak Hartono yang terhormat, tes darah sendiri dengan menggunakan alat yang ditusukkan melalui jari, mudah/ sulitnya keluar darah dipengaruhi oleh letak pembuluh darah kapiler di jari (dalam/ tidaknya), ketebalan lapisan kulit, maupun panjang jarum yang masuk ke jaringan.

Tentunya pada seseorang yang relatif gemuk, kulit tebal (kapalan, di mana sebagian besar terjadi pada laki-laki) akan lebih sulit. Untuk mengetahui apakah ada kekentalan darah dan indikasi diberikan aspilet/ aspirin sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan/ konsultasi dokter terlebih dahulu untuk mengetahui riwayat/ gejala/ tanda penyakit yang ada.

Serta, akan perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium, di antaranya LED, Lipid dan Gula Darah. Sehingga, untuk terapi yang diberikan lebih tepat dan bermanfaat. Selain itu, apabila diketahui penyakit yang mendasari terjadinya kekentalan darah tersebut dapat diobati penyakitnya utamanya.

Demikian yang dapat disampaikan, Pak Hartono. Semoga dapat membantu menjelaskan, terima kasih. Salam sehat.

Dr. Yovita M, MSc, SpPD

Spesialis Penyakit Dalam RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement