Jumat 04 Jan 2013 07:06 WIB

Penyebab Ibu Hamil Muntah Campur Darah

Ibu Hamil Sakit Kepala/Ilustrasi
Foto: Rendra/Republika
Ibu Hamil Sakit Kepala/Ilustrasi

Pertanyaan:

Dok, saya Ayu usia 24 tahun. Saat ini saya sedang hamil 2 bulan. Saya sering mengalami muntah-muntah dan pada saat muntah di akhir itu selalu berwarna merah bercampur darah, dada saya terasa nyeri, serta tenggorokan saya terasa sakit termasuk susah untuk menelan, sementara itu kepala saya menjadi pusing dan berkunang-kunang. Yang saya tanyakan di sini, apa penyebabnya dan adakah dampak buruk bagi saya dan janin? Karena saya periksakan di dokter katanya itu biasa terjadi dan saya hanya diberi vitamin dan obat. Namun setelah obatnya habis, gejala yang sama berulang saya alami. Mohon dibantu ya dok, terima kasih.

Ayu, 24 tahun

Jawaban:

Dear Ibu Ayu, selamat ya atas kehamilannya, semoga tetap selalu sehat hingga sukses persalinan nantinya. Berkenaan dengan apa yang ditanyakan, maka meningkatnya hormon pada saat kehamilan sering menyebabkan mual dan muntah-muntah pada ibu hamil. Hal ini menyebabkan Ibu hamil susah untuk makan termasuk dalam persoalan sulit guna menelan makanan.

Pada Ibu hamil juga terjadi peningkatan asam lambung, sehingga hal tersebut membuat Ibu hamil tidak mau makan dan muntah-muntah. Yang keluar pada saat muntah adalah cairan kekuningan (asam lambung) yang dapat mengiritasi saluran pencernaan sehingga menyebabkan muntah bercampur darah.

Hal tersebut pula yang berimbas pada gejala seperti dada terasa nyeri dan tenggorokan sakit. Bisa juga menimbulkan dampak dengan bentuk gejala seperti pusing dan mata berkunang-kunang.

Obat yang Ibu Ayu minum, mungkin antiemesis/ anti muntah, sehingga pada saat ibu mengkonsumsinya, keluhan mual muntah berkurang. Bila kondisi ini berlangsung lama dan tidak mendapatkan tindakan pengobatan yang sesuai, dapat berdampak buruk pada Ibu dan janin.

Saran saya, lakukan kontrol secara berkala, serta komunikasikan dengan dokter spesialis kandungan Anda sehingga didapatkan pemeriksaan secara keseluruhan. Sehingga dapat dengan tepat dilakukan penanganan. Demikian bu, semoga sehat selalu dalam kehamilannya. Salam. (RF)

dr Rina Fajarwati, SpOG

Spesialia Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement