Kamis 03 Jan 2013 10:59 WIB

Sering Kesemutan, Kenapa Ya?

Kesemutan/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Kesemutan/ilustrasi

Pertanyaan:

Hi dok, orang tua saya berusia 65 tahun, masih sehat, tapi tangannya sering kesemutan, kenapa ya dok? Setelah dicek laboratorium ada asam uratnya, orang tua saya memiliki pola makan yang teratur meski terkadang suka food taste juga. Saya kasihan kalau bapak saya mulai merasakan kesemutan itu, kiranya kenapa ya dok? Terima kasih sebelumnya, dok.

Ekky, Bekasi - 37 tahun

Jawaban:

Salam buat Bapak Ekky yang sangat menyayangi orang tuanya, semoga sang Ayah dalam kondisi yang sehat selalu. Nah, berkaitan dengan pertanyaan mengenai kondisi kesemutan di tangan boleh saya jelaskan sebagai berikut:

• Bila yang dimaksud kesemutan dari pergelangan tangan ke jari-jari, sangat mungkin kelainannya ada di pergelangan tangan itu sendiri. Sarafnya terjepit sesuatu di celah pergelangan tangan di mana saraf tadi lewat (sindroma carpal tunnel).

• Bila kesemutannya dari leher-lengan atas-lengan bawah-jari-jari tangan, sangat mungkin masalahnya ada di leher. Saraf yang mempersarafi lengan dan tangan bersangkutan terjepit oleh sesuatu atau tulang tumbuh yang biasanya disebut pengapuran tulang leher.

• Bila kesemutan lengan dan tungkai pihak yang sama (lengan kiri dan tungkai kiri misalnya) apalagi disertai separuh wajah kiri sangat mungkin kelainannya ada di otak (stroke).

• Apabila kesemutannya di tungkai saja, kelainannya ada di tulang belakang pinggang (saraf terjepit).

Mungkin keluhan yang Ayah Anda rasakan tak terkait langsung dengan pola makan yang dikonsumsi. Ada fenomena tentang asam urat yang harus dibetulkan. Asam urat adalah hasil metabolit purin suatu protein. Hampir semua makanan mengandung purin.

Saya khawatir bila pantang ini dan itu bisa-bisa Ayah Anda jadi kurang gizi (malnutrisi). Kristal asam urat yang menimbulkan sakit sendi (tidak semua sendi, hanya sendi-sendi tertentu), adalah kristal asam urat yang mengendap di sendi tersebut, dan tak tergantung kadarnya di darah.

Jadi, ada sakit sendi karena kristal urat (Gout) dengan kadar asam urat darahnya normal atau malah rendah. Ada pula yang kadar asam urat darahnya tinggi tapi sendinya tidak sakit, karena asam uratnya tidak mengendap di sendi tersebut. Penderita Gout yang dalam keadaan tenang, akan kambuh bila mengkonsumsi alkohol misalnya tape, bir, sampanye, dsb.

Demikian penjelasan dari kami. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih. (US)

Dr Untung Sudomo, SpPD, KGEH, FINASIM

Spesialis Penyakit Dalam RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement