Rabu 02 Jan 2013 14:35 WIB

Bentol dan Gatal di Sela Jari Kaki, Bagaimana Menyembuhkannya?

Gatal di kaki (ilustrasi)
Foto: telegraph.co.uk
Gatal di kaki (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, di sela jari kaki saya terdapat bentol-bentol kecil yang gatal dan berisi air. Beberapa hari yang lalu sudah kering, namun kembali gatal dan bentolnya malah menyebar ke jari sebelahnya. Yang saya tanyakan, bagaimana cara penanganannya? Apa penyebab gatal di kaki saya ini? Selama ini saya belum berkonsultasi ke dokter. Terima kasih sebelumnya ya, dok.

Elmortha, 22 tahun

Jawaban:

Dear Elmortha, dari keluhan yang disampaikan kemungkinan terbesar penyebab dari rasa gatal tersebut adalah infeksi jamur. Di mana infeksi jamur pada kaki, terutama berada di sela jari kaki dan telapak kaki disebut dengan Tines Pedis yang sering disebabkan oleh faktor kelembaban.

Untuk mengatasinya, selain menjaga faktor kelembaban di kaki dapat pula diberikan obat anti jamur topikal (krim atau salep) antara lain Ketokonazole, dll. Yang penting saat pengolesan obat anti jamur tersebut, kondisi telapak kaki berada dalam keadaan kering sehingga obat dapat terserap dengan baik.

Apabila dengan pengobatan topikal belum ada perubahan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan obat sistemik anti jamur. Tidak perlu malu apalagi takut ke dokter ya, terlebih itu untuk kebaikan serta kesehatan kita sendiri.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu. Terima kasih. (SK)

dr Sasa Khairunisa, SpKK

Spesialis Kulit & Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement