Rabu 26 Dec 2012 06:13 WIB

Tumor Paru, Bisakah Disembuhkan?

Paru-paru.Ilustrasi.
Foto: ajronline.org
Paru-paru.Ilustrasi.

Pertanyaan:

Pagi dok, mau tanya seputar tumor paru. Bapak saya usia 67 tahun, positif tumor paru sejak 1 bulan ini. Gejala yang dirasakan sakit di bagian tulang rusuk kiri dan sekarang sakitnya bertambah ke perut, melingkar terus ke belakang. Perut besar kaku, mengejang seperti dibetot-betot. Hawa terasa gerah, suhu badan dingin. Jantung, ginjal, urine, cek darah, tulang belakang, USG Abdomen semuanya baik saja. Apakah tumor paru gejalanya seperti itu? Apakah bisa disembuhkan? Terimakasih.

Yuliandriani

Jawaban:

Pagi juga, Mbak Yuliandriani. Gejala tumor paru yang dirasakan Bapak Anda adalah rasa sakit pada tulang rusuk kiri (jika letak tumornya di sebelah kiri). Gejala lain di daerah perut yang dirasakan bisa berhubungan dengan tumornya jika dirasakan tidak berkaitan dengan tumor parunya atau karena ada penyakit lain.

Jika memang hasil pemeriksaan USG Abdomen, tulang belakang, jantung, ginjal baik, ada kemungkinan gangguan di saluran pencernaan. Sebaiknya kontrol/periksa ke dokter lagi jika keluhan di daerah perut sedang kambuh untuk memastikannya.

Untuk penyakit tumor paru bisa disembuhkan, terutama jika ditemukan pada stadium dini. Hal ini dikarenakan pengobatan dan kemungkinan penyembuhannya tergantung pada stadium dan jenis sel tumornya. Ada baiknya minta penjelasan detil ke dokter yang merawat untuk mengetahui jenis sel dan stadiumnya, rencana pengobatannya serta kemungkinan kesembuhannya.

Demikian yang dapat saya jelaskan. Mudah-mudahan penyakit Bapak dari Mbak Yuliandriani dapat segera diatasi dan mendapatkan kemudahan dalam upayanya. Amin (Zb)

dr Zubaedah, SpP

Spesialis Paru RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement