Selasa 25 Dec 2012 07:32 WIB

Bisakah Persalinan Cesar Bersamaan dengan Tindakan Pembentukan Perut?

Ibu dan bayi (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Ibu dan bayi (ilustrasi).

Pertanyaan:

Dok, terus terang saya telah berusia 33 tahun, alhamdulillah telah dianugerahi 3 anak dan dalam waktu dekat akan melaksanakan persalinan keempat. Nah, kondisi perut saya memang menjadi berbeda dari masa sebelum menikah. Yang saya tanyakan dok, apakah bisa dilakukan tindakan pembentukan perut bersamaan dengan persalinan cesar? Karena saya ingin setelah melahirkan yang terakhir ini, agar perut saya menjadi kencang dan rata kembali. Terima kasih. Salam.

Yuanita, Cilandak - 33 tahun

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada saya, khususnya tentang perbaikan bagian perut pasca persalinan memang menjadi keinginan para ibu untuk mendapatkan kembali penampilan yang terbaik. Berkaitan dengan apakah bisa digabungkan antara tindakan persalinan dengan metode Sectio bersamaan dengan Abdominoplasty/ tummy tuck?

Sejauh ini hal tersebut masih merupakan polemik di kalangan bedah plastik. Tetapi dianjurkan tidak dilakukan tummy tuck saat persalinan dengan mengingat hal sebagai berikut:

- Kondisi ibu saat Operasi Persalinan Sectio akan diperberat oleh tummy tuck karena banyaknya perdarahan dan waktu bius yang lama;

- Saat kehamilan akan terjadi retensi cairan pada lemak tubuh, sehingga lemak yang terbentuk saat hamil sebenarnya akan menyusut di kemudian hari. Hal ini mempengaruhi penilaian seorang operator bedah banyaknya lemak yang akan dibuang, bila terlalu banyak akan menimbulkan perdarahan, dehidrasi, emboli lemak serta gangguan keseimbangan elektrolit;

- Ukuran kandung rahim (uterus) yang masih besar. Rahim akan menciut sesaat janin dan plasenta dikeluarkan, tetapi ukurannya masih besar dan selama nifas akan kembali ke ukuran normalnya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Bila masih berukuran besar mengganggu perkiraan kulit dan lemak yang akan dibuang karena tonjolan kandung rahim di dinding perut;

- Kondisi ibu saat melahirkan dengan pemberat seperti eklampsia/preeklampsia, anemia, kadar albumin yang rendah tidak memungkinkan dilakukan operasi tambahan setelah Sectio mengingat risiko tinggi kematian dan kecacatan.

Sebaiknya, untuk tindakan yang dilakukan pada upaya pembentukan kembali bagian perut dapat dilakukan secara ideal pada kurun waktu 6 bulan s/d 1 tahun pasca Sectio. Karena pada rentang waktu itu jaringan otot, lemak, dan kulit sudah "matang" mendekati normal, sehingga dokter bedah plastik bisa menilai kelebihan dan kekurangan perut klien.

Kelebihan lemak dan kulit bisa dibuang dan otot perut yang kendur bisa dikencangkan. Anjuran hamil lagi setelah Abdominoplasty/ tummy tuck adalah 2 tahun untuk mengurangi risiko pengencangan tummy tuck pada otot perut selama kehamilan.

Demikian ya bu yang dapat saya sampaikan. Semoga sukses persalinannya. Salam. (QH)

dr Qori Haly, SpBP

Spesialis Bedah Plastik RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement