Senin 24 Dec 2012 08:04 WIB

Anak Mengalami Problem Tumbuh Kembang, Harus Bagaimana?

Ibu dan bayi/ilustrasi
Foto: momentarybliss.com
Ibu dan bayi/ilustrasi

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dok, saya mau bertanya, anak saya pernah terguncang di box bayi karena digoyang kakaknya cukup keras. Hingga posisinya dari yang miring-tengkurap-telentang. Pada usia 5 bulan juga pernah terjatuh dari tempat tidur setinggi 1 meter dengan dahi yang benjol.

Sekarang anak saya usia sudah 14 bulan, namun belum bisa jalan, belum bisa bicara, ada gangguan pendengaran. Bila sesuai rentetan kejadian itu, kiranya otak mana yang cedera ya, Dok? Karena saat jatuh tidak pingsan atau keluar darah dari telinga ataupun hidung. Apa yang harus dilakukan ya, Dok?

Shofia Baharudin, Makassar - 28 tahun

Jawaban:

Kepada Ibu Shofia yang baik hati, rangkaian kejadian yang dikemukakan bisa jadi merupakan pemicu atas problem tumbuh kembang. Namun demikian, memang perlu observasi lebih jauh mengenai hal itu. Perlu pemeriksaan fisik lanjutan oleh Dokter Spesialis Anak.

Perlu diketahui, bahwa pada usia dini, anak akan sangat rentan terhadap terjadinya gangguan tumbuh kembang. Termasuk akibat terjadinya benturan dengan area kepala yang menjadi pusat respon pertumbuhan serta perkembangannya.

Dengan riwayat anak Ibu sudah beberapa kali mengalami trauma, maka memang seharusnya dapat dilakukan dengan spesialis untuk mendapatkan pola terapi yang bersesuaian dengan problem tumbuh kembang yang dihadapi.

Di usia anak 14 bulan, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi indikasi seperti sudah mulai mulai berjalan, menyusun benda, mengucapkan kata serta mulai tertarik pada kondisi yang ada disekitarnya sehingga akan penuh mengamati lingkungan dimana berada. Untuk hal itu, agaknya perlu deteksi yang lebih rinci akan problem tumbuh kembangnya agar dapat ditangani lebih cepat.

Demikian ya bu yang dapat saya uraikan. Semoga anaknya segera masuk ke fase tumbuh kembang yang sesuai. Terima kasih, Bu. Salam. (YK)

dr Yuni Kurnia, SpA

Spesialis Anak RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement