Selasa 18 Dec 2012 07:21 WIB

Kunci Sukses Hamil Tanpa Risiko Komplikasi Tinggi

Ibu hamil (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Ibu hamil (ilustrasi).

 

Pertanyaan:

Apakah usia 40 tahun dengan riwayat DT (sampai 190/110), serta hipertyroid (sekarang sudah normal), dan pernah pembengkakan otot di otot rahim masih diperbolehkan hamil? Terima kasih atas penjelasannya.

Honey M.

Jawaban:

Untuk Ibu Honey, ada beberapa hal yang perlu diperjelas dari pertanyaan di atas, khususnya untuk riwayat kehamilan dan persalinan sebelumnya. Hamil merupakan hal alamiah dan menjadi hak asasi semua orang termasuk Ibu Honey, hanya saja faktor-faktor risiko yang mungkin dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan Ibu sangat tinggi.

Karena itu, salah satu kunci sukses pada saat hamil serta melahirkan adalah observasi (pengawasan) ketat berkala serta penjelasan lengkap mengenai komplikasi yang mungkin timbul, baik dalam kehamilan dan persalinannya. Hal tersebut menjadi dasar agar pasangan (Ibu dan Suami) lebih dapat memahami kondisi yang akan terjadi selama masa kehamilan dan saatnya persalinan.

Saran saya, dengan aspek medis dan beberapa hal yang diceritakan di muka, perlu menjadi catatan bagi dokter kandungan yang akan menangani nantinya. Tetap jaga pola hidup sehat agar kondisi kesuburan tetap terjaga. Demikian, Bu, semoga dapat membantu. Terima kasih. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG, MKes

Spesialis Kebidanan & Kandungan

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement