Senin 17 Dec 2012 07:15 WIB

Mengawini Sepupu, Adakah Risikonya?

Pernikahan/ilustrasi
Pernikahan/ilustrasi

Pertanyaan:

Dok, bagaimana risiko perkawinan antar saudara sepupu? Bagaimana hasil keturunannya nanti? Dan apakah hasil perkawinannya bisa diketahui sebelum terjadi atau dengan kata lain dapat diprediksi?

Galih H.

Jawaban:

Terima kasih Mas Galih atas pertanyaan yang disampaikan. Sesuai dengan analisa medis, dapat dijelaskan bahwa perkawinan antar sepupu atau perkawinan antar anggota keluarga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada keturunannya.

Masalah tersebut timbul karena antar saudara/anggota keluarga memiliki sifat bawaan/ gen yang hampir sama. Bila gen tersebut ternyata pembawa penyakit, maka kemungkinan besar keturunannya akan menderita penyakit tersebut, di mana risiko untuk terkena penyakit tersebut menurun bila tidak terjadi perkawinan antar saudara.

Prediksi sulit dilakukan karena alat screening mengenai genetika masih terbatas. Nah, sesuai dengan hal tersebut maka yang terpenting adalah memahami akan terjadinya potensi tersebut.

Salah satu faktor terpenting yang dapat dan bijaksana dilakukan sebelum pernikahan adalah melakukan Pre-Marital Check Up an berkonsultasi dengan Spesialis Kebidanan & Kandungan. Hal ini agar dapat melihat kondisi kesehatan Anda beserta pasangan secara keseluruhan. Demikian, terima kasih. (SC)

dr Ricky Susanto, SpOG, MKes

Spesialis Kebidanan & Kandungan

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement