Jumat 14 Dec 2012 14:49 WIB

Ingin Hamil Lagi Pasca Dikuret, Bagaimana Caranya?

Ingin hamil (ilustrasi)
Foto: organicbabyatlanta
Ingin hamil (ilustrasi)

Pertanyaan:

Halo dok, saya Ibu satu anak usia 7 tahun, bekerja pada perusahaan swasta dengan mobilitas cukup tinggi. Usia saya 32 tahun sedangkan suami 37 tahun. Bulan Maret 2012 saya hamil yang kedua. Usia 9 minggu, tapi dokter menyatakan janin tidak berkembang/janin kosong, akhirnya dikuret. Dokter saya menyarankan, apabila mau langsung hamil bulan depan pas menstruasi periksa, tapi kalau mau ditunda dulu tidak masalah.

Sekarang sudah 7 bulan dari kuret kok belum ada tanda-tanda saya hamil lagi ya, dok? Padahal saya tidak KB. Apa yang harus saya lakukan agar bisa hamil lagi, mengingat faktor usia juga? Terima kasih.

Arie, Jawa Tengah

Jawaban:

Hai Ibu Arie yang baik hati, semoga segera mendapatkan momongan ya. Dalam hal ini, terkait dengan kehamilan perlu diperhatikan beberapa faktor berikut:

•Berhubungan pada masa subur;

•Kualitas organ reproduksi (kandungan) Ibu dalam keadaan baik;

•Siklus menstruasi yang teratur;

•Kualitas sperma yang baik.

Dengan kondisi di mana Ibu telah memiliki anak pertama, tentu punya pengalaman mengenai kehamilan dan persalinan. Namun untuk memastikan semuanya maka harus diperiksa secara menyeluruh, selanjutnya bila ada masalah dapat langsung ditangani.

Selain itu perlu diperhatikan pola hidup sehat seperti asupan makanan, pola aktivitas, pola istirahat dan yang terakhir hindari tekanan psikologis seperti stres pekerjaan. Bersamaan dengan hal tersebut, bisa dilakukan beberapa terapi dengan berkonsultasi pada dokter spesialis kebidanan & kandungan seperti: Terapi masa subur dengan menggunakan obat-obatan, ataupun Inseminasi serta Bayi Tabung. Demikian semoga menjelaskan. Terima kasih-salam. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG, MKes

Spesialis Kebidanan & Kandungan

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement