Kamis 29 Nov 2012 12:17 WIB

Inilah Tips Mengurangi Produksi Minyak Berlebih pada Wajah

Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum

Dok, muka saya jenis muka yang berminyak jadi selalu timbul jerawat. Padahal saya sudah ke dokter kecantikan, tapi tetap saja berjerawat. Apa mungkin karena muka berminyak berlebihan? Apa yang harus saya lakukan, dok? Terima kasih.

Aar

Jawaban:

Wa'alaikumsalam wr. wb.

Dear Aar, sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu saya sampaikan penyebab timbulnya problem jerawat. Nah, kendala jerawat bisa berasal dari faktor internal berupa faktor genetik/ keturunan, hormon dan stres, sementara untuk faktor eksternal seperti cuaca, polusi kelembaban dan bakteri.

Faktor keturunan ini diduga memegang peranan besar dalam prosuksi minyak. Hal tersebut dapat menjawab pertanyaan Aar, di mana bisa saja kulit anda tetap berjerawat karena tipe kulit anda berminyak, namun faktor lainnya juga ikut berperan.

Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih yang dapat anda lakukan, antara lain:

Pertama: menghindari kegiatan yang dapat menstimulasi kelenjar minyak pada kulit bekerja berlebihan. Melakukan over exfoliating (pengelupasan kulit secara berlebihan) dan srub (menggosok) kulit berlebihan dapat menstimulasi kelenjar minyak bekerja secara berlebihan oleh kelenjar minyak.

Kedua: Olah raga secara teratur, selain membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke pori-pori kulit, berkeringat dapat menekan produksi minyak yang berlebihan.

Ketiga: Menggunakan produk kosmetik yang berbahan air.

Untuk pengobatan jerawat secara tepat, sebaiknya Aar berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih. (SK)

dr Sasa Khairunisa, SpKK

Spesialis Kulit & Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement