Rabu 21 Nov 2012 13:51 WIB

Tips Menginvestasikan Rp150.000/Bulan untuk Dana Kesehatan

Emas Logam Mulia/Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Emas Logam Mulia/Ilustrasi

Pertanyaan:

Salam,

Saya bekerja sebagai tentor dengan penghasilan cukup. Saya ingin mempersiapkan dana kesehatan untuk ayah saya, yang usianya sekarang menginjak 66 tahun. Ayah saya saat ini sehat, tapi saya ingin mempersiapkan dananya sejak sekarang. Saat ini, saya baru bisa menabung 150-200 ribu per bulan untuk ayah. Investasi seperti apa yang sebaiknya saya ikuti supaya dana yang 150 ribu/bulan itu bisa saya tingkatkan dengan maksimal? Terima kasih atas solusinya.

Silviana Dewi

Jawaban:

Alhamdulillah, sebagai anak yang berbakti pada orang tua kita doakan tetap sehat terus ya. Jaga pola makan, hindari stres dan perbanyak sedekah.

Sebagai salah satu langkah persiapan dana kesehatan, dananya untuk sementara bisa disimpan terlebih dahulu di tabungan sebelum diinvestasikan. Jika sudah cukup dananya atau sudah bisa menentukan pilihan investasinya, baru kemudian diinvestasikan.

Alternatif yang bisa dipertimbangkan adalah reksadana dan emas. Reksadana bisa diawali dengan 1 juta rupiah, lalu setoran berikutnya bisa 250ribu. Sedangkan emas bisa lebih efisien, setidaknya 5 gram dalam bentuk Logam Mulia. Ditabung dulu, baru kemudian bertahap beli emas atau reksadana tiap kali dananya cukup.

Semoga Allah mudahkan jalannya ya... Salam hormat untuk ayah :-)

Ahmad Gozali

 

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan padaSafir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement