Senin 19 Nov 2012 09:17 WIB

Wanita Berbulu Ketiak Lebat, Apakah Kelainan Hormonal?

Teknik Waxing (ilustrasi)
Foto: Modernmom.com
Teknik Waxing (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya, apakah seorang wanita yang memiliki bulu ketiak lebat merupakan suatu kelainan hormonal (kelebihan hormon androgen/hormon cowok)? Karena ada juga beberapa wanita yang sama sekali tidak memiliki bulu ketiak. Dan jika dilakukan teknik waxing, apakah berbahaya dan memicu terjadinya kanker? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

Ayu, Bogor - 25 tahun

Jawaban:

Salam sejahtera Mbak Ayu, semoga sehat selalu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut, antara lain hormon. Di antara beberapa hormon tersebut, hormon androgen apabila jumlahnya berlebih pada perempuan dapat menyebabkan Hirsutisme atau penebalan rambut di daerah tertentu layaknya laki-laki.

Teknik waxing relatif tidak berbahaya. Namun, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah tindakan waxing yaitu rasa sakit, heperpigmentasi (kehitaman), skar, folikulitis, ingrown hair pseudofolikulitis.

Teknik waxing maupun tindakan mencabut bulu ketiak tidak menyebabkan kanker payudara. Sampai saat ini, penyebab pasti terjadinya kanker payudara belum diketahui. Namun waxing atau mencabut bulu ketiak bukan merupakan faktor risiko terjadinya kanker payudara.

Adapun yang menjadi faktor risiko kanker payudara adalah adanya faktor genetik/ keturunan, usia di atas 50 tahun, gaya hidup tidak sehat (makanan tinggi lemak, merokok, minum beralkohol, aktivitas fisik yang berkurang, kegemukan) dan adanya riwayat penyakit tumor payudara jinak.

Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa membantu. Terima kasih. (SK)

dr.Sasa Khairunisa,Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement