Jumat 16 Nov 2012 10:12 WIB

Tips Bila Terjadi Kemunduran di Tengah Usaha Berjalan

Bosan dengan usaha yang dijalani (ilustrasi).
Foto: businesscomputingworld.co.uk
Bosan dengan usaha yang dijalani (ilustrasi).

Pertanyaan:

Pak saya mau bertanya, apabila kita pada awalnya melakukan suatu usaha pasti tentu akan bersemangat karena mencoba berbagai hal baru mengenai bisnis tersebut. Lalu bagaimana kiranya, ketika sudah mulai berjalan terasa terkadang terdapat rasa enggan untuk melanjutkan bisnis. Hal ini mungkin saja bisa terjadi karena ada kondisi kerugian, partner kerja kurang bagus, bosan, dll. Oleh karena itu, minta saran apabila terjadi kemunduran di tengah melakukan suatu usaha.

Zaenuri Achmad

Jawaban:

Pak Zainuri terhormat, berkaitan dengan apa yang dialami tentu secara umum dikenal siklus bisnis mulai dari kondisi start up, growing, mature kemudian decline. Nah, dalam fase-fase tersebut maka harus diperhatikan bila terjadi kondisi decline bisnis, terlebih lagi bila yang terjadi adalah decline semangat berwirausahanya.

Tentu hal tersebut harus dapat diantisipasi. Memilih rekan kerja, membuat prosedur pengawasan, serta berbagai hal lainnya merupakan upaya untuk mereduksi potensi terjadinya kegagalan, meski dalam probabilitas maka kegagalan adalah sesuatu yang tetap saja dapat terjadi.

Tentu kondisi yang terbaik adalah usaha tetap berjalan dengan semangat yang selalu membara. Tidak dapat dipungkiri, kebosanan mungkin akan timbul. Di sinilah letaknya inovasi, pengembangan, kemudian melakukan diversifikasi, dll.

Terkadang ada pula godaan untuk memulai usaha yang baru, dan hal itu adalah proses yang umum terjadi. Saran saya adalah, isi waktu kepenatan Anda dengan momentum evaluasi reflektif, misalnya melakukan reformulasi bisnis dengan melihat perjalanan bisnis yang sudah dilalui.

Atau bisa pula melakukan studi banding usaha sejenis. Dalam hal ini, sekaligus mengendurkan ketegangan serta kebosanan, namun di sisi lain dapat menambah improvisasi baru dalam usaha kita. Sehingga, kegiatan ini dapat bermakna produktif serta bernilai positif bagi penguatan struktur bisnis. Prinsipnya, boleh mundur selangkah, namun maju kemudian lima langkah ke depan, secara overall tetap ada increasing bisnis.

Pahami bahwa dalam aktivitas usaha yang kita laksanakan, maka terdapat orang lain yang terhidupi dari kegiatan itu. Oleh karena itu, berbuatlah yang terbaik semaksimal mungkin yang dapat kita lakukan, agar mendapatkan berkah kebaikan dari usaha yang optimal tersebut. Jangan pernah bosan ya, Pak. Tetap semangat dan terus melakukan perbaikan diri. Salam Entrepreneur. (EK)

Ery Kasman, SE, MSi  

Direktur Entrepreneur Institute Cinere

 

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement